PENERAPAN STRATEGI DIRETED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA

Wahyudi Wahyudi(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Farida Malik(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Dinas Pendidikan Sidrap
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57871

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 8 Rappang semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan analisis data kualitatif dan skor indikator yang diperoleh dari observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 55%, dan observasi aktivitas siswa mencapai 61% termasuk kategori cukup. Pada siklus II hasil observasi guru dengan persentase keberhasilan sebesar 66% dan observasi aktivitas siswa mencapai 74% termasuk kategori cukup. Selanjutnya pada siklus III observasi guru berada pada kategori baik dengan persentase keberhasilan sebesar 88%, sedangkan hasil observasi siswa menunjukkan kategori baik dengan persentase keberhasilan sebesar 93%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi DRTA dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri 8 Rappang.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Refika Aditama.

Asna, M. (2016). Peningkatan Hasil Dan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV Pada Pem belajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Word Square di SD Negeri 27 Batang Anai. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 74–78.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 57 Tahun 2021 tentang Standar Sarana Nasional Pendidikan.

Jainiyah, S. (2015). Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Tema Berbagai Pekerjaan Siswa Kelas IV SDN Sambikerep III/529 Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.


Article Metrics

Abstract view : 16 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats