PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III SD NEGERI 2 LEJANG
panca siri Maulana
(1*), Muhammad Amran
(2), Muhammad Amran
(3), Nurlinda Alwi
(4), Nurlinda Alwi
(5),
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) SD Negeri 2 Lejang
(5) SD Negeri 2 Lejang
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57866
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahab observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Lejang sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori cukup dan hasil observasi siswa berada pada kategori kurang dengan tes hasil belajar siswa berada pada kategori kurang atau belum mencapai KKM. Pada siklus II hasil obsevasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik dengan hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri 2 Lejang.
Keywords
Make a Match; Hasil Belajar
References
Artini, L.M.,dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbasis Budaya Lokal Bali untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N 2 Cempaga pada Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014. Journal Mimbar,vol:2(1): 5.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bundu, Patta. (2016). Asesmen Pembelajaran (Untuk Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar). Padang: Hayfa Press.
Elafanany, Burhan. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Araska.
Etin Solihatin. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Isjoni. (2013). Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.
Kesuma, A. T. (2013). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Article Metrics
Abstract
view : 13 times |
PDF view :
3 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](//licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197
View My Stats