HUBUNGAN GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS TINGGI UPT SD NEGERI 3 TANRUTEDONG KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP)

Satriani DH(1*), Abd. Hafid(2), Abd. Hafid(3), Nur Ichwaniar Daming(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57830

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar visual dengan hasil belajar siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue  Kabupaten Sidrap. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong dan jumlah sampel penelitian ini adalah 94 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Gaya mengajar interaksional dengan rata-rata sebesar 71,40 dan pada kategori baik dan motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 70,54 dan pada kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,279 dan berada pada kategori hubungan rendah. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitiannya yaitu ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidrap.

Keywords


Gaya Mengajar Interaksional, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Sinar Baru. Amna, E. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2),93–196.

Asmani & Jamal, M. 2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif dan Inovatif. Yogyakarta : Divapress.

Djamarah & Bahri, S. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta Hamzah, B. 2021. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. 2021. Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Ibrahim, A., Asrul, H., Madi, Baharuddin, Ahmad, A.M., Darmawati. 2018. Metodologi Penelitian. Makassar : Gunadarna Ilmu

Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Rosdakarya.

Majid & Abdul. 2013. Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Podaskarya Prawira. 2017. Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.

Puspitasari, B & Devi. 2012. Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Bancak. Emphaty Journal. 1(1)

Pratiwi,A & Dian. 2019. Skripsi. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Matematika Murid SD 166 Turucinnae Kabupaten Bone.

Rahman & Arif, M. 2011. Kesalahan-Kesalahan Fatal Paling Sering dilakukan Guru dalam Kegiatan Belajar - Mengajar. Yogyakarta : Divapress


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats