PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPTD SD NEGERI 28 PAREPARE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57751
Abstract
Abstrak; Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Agar dapat mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan menggunakan lembar tes hasil belajar disetiap siklusnya. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 25 orang yang terdiri atas 15 Laki-laki dan 10 Perempuan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, & Wakijo. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Trimurjo. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v7i1.2043
Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62.
Asna, M. 2016. Peningkatan Hasil dan Kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Word Square di SD Negeri 27 Batang Anai. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. 4 (2): 74-78.
Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646
Djumali. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Strategi Pembelajaran Index Card Match Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII B SMP Negeri 2 Sawit Boyolali . Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 2–9.
Hasyim, A. (2020). Pelaksanaan Strategi Index Card Match secara Daring dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Sub Tema Aku Merawat Tubuhku Semester Ganjil pada Siswa Kelas I MI Mambaul Ulum Umbulsari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pesat, 6(3), 73–94.
Jumarddin, L. F., Zuhari, & Arifin. (2015). Penerapan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas Vb pada mata Pelajaran IPA di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam, 3(1), 36–54.
Kurniasih, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti Materi Mengenal Nama Rasul Alloh Dan Ulul Azmi Melalui Metode Index Card Match Pada Siswa. UNISAedu, 5(4), 295–302.
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012) Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor: 04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: LIPI.
Mahmud, S., & Muhammad, I. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press
Mashudi, dan Adinugraha, H.A. (2015). Kemampuan Tumbuh Stek Pucuk Pulai Gading (Alstonia scholaris (L.) R. Br.) dari Beberapa Posisi Bahan Stek dan Model Pemotongan Stek. Jurnal Penelitian Kehutanan Daya Matematis, 4(1), 63–69.
Masruroh, L., & Reza, M. D. 2015. Pengaruh Kecemasan Siswa pada Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 3 (2): 175-186.
Mirdanda, A. (2019). Mengelola Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Pontianak: PGRI Provinsi Kalbar
Nida, & Dkk. (2020). Pengembangan Media Kartu Bergambar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Bahasa Bali. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha., 8(1), 16–31.
Nuraeni, Z., & Rosyid, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan Problem Posing Berbantuan Software MATLAB terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Elemen, 5(1), 12–22.
Padmi, I. A. N. (2018). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Perlindungan dan Penegakan Hukum dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII IPS 2 di SMAN 3 Mataram. Jurnal Kependidikan, 4(2), 152–157.
Paizaluddin, E. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta
Rambe, R. N. K. 2018. Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mara Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah. 25 (1): 93-124.
Sari, M. K. (2014). Pengaruh Metode Kooperatif Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(2), 113–144.
Sihombing, L. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Siswa Kelas VII 4 Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Keliling Kelas Di SMP Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).
Sirait, & Apriyani. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46–48.
Susanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tajdid : Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(20), 22–36.
Weni, Susanti, & Jatmiko. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pada Materi Elastisitas. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(1), 26–33. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/882/671 06,01 2016
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah DasaR. Ar-Risalah, 18(2), 22–37.
Wulandari, & Dkk. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended Pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459
Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347– 352.
Article Metrics
Abstract view : 20 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197
![Creative Commons License](https://licensebuttons.net/l/by/4.0/80x15.png)