Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Game Online Wordwall Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas IV SD Inpres Bontoa

Putri Anggraeni(1), Lukman ALi(2), Muh Hasbi(3*),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Bontoa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57631

Abstract


Minat belajar siswa SD Inpres Bontoa bervariasi, namun jika dilihat dari hasil observasi kebanyakan siswa tidak terlalu minat dalam proses pembelajaran. Permasalahan ini terjadi karena memang kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik dan membuat siswa senang. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah media game online Wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini melibatkan 13 siswa. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung, angket, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I minat belajar siswa yang mendapat kategori baik mencapai 61,53%. Pada siklus II minat belajar siswa naik menjadi 84,61% .Data ini menunjukkan bahwa wordwall sebuah media game online yang mampu meningkatkan minat siswa dalam mata pelajaran PPKN di SD Inpres Bontoa.

Keywords


Minat belajar; Game online wordwall; PPKN

Full Text:

PDF

References


Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564

Andriany, R., & Warsiman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 406–422. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209

Erianto, U. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN IMPROVING THE LEARNING INTEREST USING THE PICTURE MEDIA AT 4 th GRADE. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 367–373. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/6825/6567

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Hasan, Z. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Tahn Pelajaran 2022/2023. Skripsi, 4(1), 1–8.

Irawana, T. J., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434–442. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.367

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Made Ardani, A. A. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Pecahan Sederhana pada Mata Pelajaran Matematika di SD Inpres I Nambaru. Jurnal Paedagogy, 8(2), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3483

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. https://doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371

Sakti, H. G., & Parhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat 8

Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 7(3), 226. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2744 Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan

Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats