Penggunaan Media Kantong Bilangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Bilangan Siswa Kelas II SD Inpres Saluttowa

Rahmawati Patta(1), Bahar Bahar(2), Siti Nurhaliza Ramadhani(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Sawerigading
(3) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57425

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran operasi hitung bilangan di kelas II SD Inpres Saluttowa dengan memanfaatkan media kantong bilangan. Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi serta refleksi yang dilakukan setiap siklusnya. Subjek penelitian terdiri dari 20 siswa kelas II SD Inpres Saluttowa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, dan tes serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan pada pencapaian KKM adalah ≥75% dari jumlah siswa yang ditetapkan sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dalam pembelajaran Matematika efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan. Sebelum dilakukan tindakan, hanya 11 (40,74%) siswa yang mencapai KKM pembelajaran Matematika kelas II SD Inpres Saluttowa. Setelah siklus I terjadi peningkatan menjadi 15 (55,56%) siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II sebanyak 23 (85,19%) siswa berhasil mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal. Rata-rata hasil belajar dari siklus I dan siklus II meningkat dari 62,94 menjadi 82,96.


Keywords


Pemahaman Belajar Matematika; Media Kantong Bilangan

Full Text:

PDF

References


Aay. 2016. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Mentessori Pada Siswa Kelas I di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah PGSD. 9(1):146.

Anas Sudijono. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2021. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2003. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA. Jakarta

Futiani, Fani, and Indra Yeni. 2023. “Pengaruh Media Kantong Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Putih Asri Kamboja Sumedang.” JCE (Journal of Childhood Education) 7(1):119–26.

Iskandar, Joni, M. Pd, Sekolah Tinggi, Agama Islam, Miftahul Ulum, and Tarate Sumenep. n.d. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Gelas Bilangan ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN MEDIA GELAS BILANGAN.”

Janah Putikhatul. 2023. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Pembelajaran Kantong Bilangan Siswa Kelas I SD Negeri Tembongwah 01.” DIALEKTIKA. Vol.7.

Karima, et.al. 2022. “Pengembangan LKPD Membaca Permulaan Berbasis Permainan Kata Dengan Menggunakan Metode SAS Pada Kelas I Sekolah Dasar.” Journal Tunas Bangsa. 9(2): 78-87.

Kundarsih, Sri, Su’ad Su’ad, and Santoso Santoso. 2022. “KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KANTONG BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SD.” JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 6(1):140. doi: 10.33578/pjr.v6i1.8339.

Novia Pitriani, Nenden, Pupung Rahayu Noviati, and Rifahana Yoga Juanda. 2022. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sukasari Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021). Vol. I.

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa. 2021. PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI KOHOD III. Vol. 3.

Nursal, Sindi, Dewi Arya Lestari, Nurdaya Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar, Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Makassar, and SLB Negeri. 2023. ©JP-3 Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran ©Sindi Nursal Kantong Bilangan Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Murid Tunagrahita Ringan. Vol. 5.

Pratama, Aditya. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan.” Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi PGSD 8(22).


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats