Penerapan Media Multiply Cards Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Pada Siswa Kelas IV SDN 31 Tumampua V Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep

putri suci islamiyah(1), Muhammad Ardiansyah(2*), Nur Hasni Syam(3),

(1) Program studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) SDN 31 TUMAMPUA V
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57421

Abstract


Kurangnya variasi penggunaan media pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelajaran matematika materi operasi hitung kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian peningkatan yang menggunakan model penelitian tindakan kelas (classroom action research)yang merupakan bentuk kajian yang sistematik reflektif oleh pelaku tin-dakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dan tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalam pemahaman terhadap Tinda-kan-tindakan yang dilakukannya itu, serta memperbaiki kondisi pembelajaran. Penelitian tindakan kelas bersifat reflektif artinya dalam proses penelitian, guru sekaligus sebagai peneliti yang memikirkan apa dan mengapa suatu tindakan terjadi di kelas, dari pemikiran itu kemudian guru mencari pemecahannya melalui tinda-kan-tindakan tertentu. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas, yang erat kaitannya dengan murid dan proses belajar mengajar di kelas. Tujuan utama PTK adalah me-mecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas dan meningkatkan kegiatan nyata guru dalam pengembangan profesionalnya. Penelitian ini melibatkan kegiatan berulang yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan/tindakan, observasi/evaluasi, (3) refleksi, dan (4) perencanaan ulang. Tindakan dalam penelitian ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan berdasarkan kriteria penelitian tindakan kelas yang dirumuskan.


Keywords


Efektivitas; Hasil Belajar Matematika; Multiplaycards

Full Text:

PDF

References


Amrullah, A. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 378. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V3n1.P378-387.

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.Http://E-Jounal.Metrouniv.Ac.Id

Cahyaningtyas, Y. (2016). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas Iv Mi Miftahul Huda Kecamatan Mijen.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif Dengan Prosedur Borg AndGall.62–70. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Zfajx.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.

Lantanida Journal, 5(2), 172. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i2.2838.

Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Lemma, 3(1), 1–11.Https://Doi.Org/10.22202/Jl.2017.V3i1.1884.

Fatimah, D. (2020). Pengembangan Media Katela Untuk Operasi Hitung Perkalian Pada Siswa 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 526–532. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jppp.V4i3.29741.

Iasha, C., Yudha, C. B., & Oktaviana, E. (2020). Pengembangan Permainan Multiply Cards Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Siswa Kelas Ii Sdn Bojong Nangka 01 Bogor Semester Genap Tahun Ajaran 2019 / 2020. 109–116.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 529. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V3i4.22308.

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212– 221. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V6i2.20294.

Mulasari, M. R., Wulandari, I., & ... (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Pedagogi Dan …, 3(3), 358–366.Https://Doi.Org/ 10.23887/Jp2.V3i3.25812.

Nataliya, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Ilmiah Psikologi Terapan, 03(02),343–358. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V3i2.3536.

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi,1(1),120. Https://Doi.Org/10.31764/Justek.V1i1.416.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. JurnalInovasiPendidikanKimia,13(1).Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Jipk/Article/ View/17824.

Saputra, S., Rahmawati, T. D., & Safrudin, N. (2020). Pengembangan Puzzle Square Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash 8. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(2),124–135. Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V6i2.12096.

Udayani, I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 284–293. Https://Doi.Org/ 10.23887/Jipp.V4i2.26806.

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X Sma Negeri 1 Marawola. Jpft (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16. Https://Doi.Org/10.22487/ J25805924.2016.V4.I2.6053.

Wulandari, D. (2016). Model Pembelajaran Yang Menyenangkan Berbasis Peminatan. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 6(2), 851.Https://Doi.Org/10.21067/Jip.V6i2.1318.

Zinnurain, Z., & Gafur, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Sholat Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2),157–168. Https://Doi.Org/10.21831/Tp.V2i2.7605.)


Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats