Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Inpres Galung

Putri Badryah(1*), Muhammad Ardiansyah(2), Kurnia Kurnia(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Galung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57416

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dengan menggunakan media cerita bergambar pada siswa kelas II SD Inpres Galung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Galung Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 21 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan: skala, tindakan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian terlihat bahwa minat baca siswa kelas II SD Inpres Galung dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan media cerita bergambar dengan menerapkan langkah-langkah seperti pengamatan terhadap media cerita bergambar, menyimak dan membaca paragraf, bertanya jawab, serta mengarahkan perhatian terhadap proses pembelajaran. Pada tahap pra tindakan, persentase siswa yang sudah mencapai predikat baik adalah 0%. Pada siklus I terjadi peningkatan persentase menjadi 47,62%, dan pada siklus II persentase tersebut meningkat menjadi 80,95%.

Keywords


minat baca, media cerita bergambar

Full Text:

PDF

References


Ama, R. G. T. (2020). Membangun Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar. JawaTengah: CV Pena Persada.

Arikunto, S. (2021). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan Minat Baca. Banyuasin: Pustaka Adhikara Mediatama.

Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1397

Gereda Agustinus. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu Publisher.

Hardanti, A. D. T., Rahmawati, F. P., & Widodo, W. (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 261–266. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.235

Hayati, N., & Fadilah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Media Cerita Bergambar Siswa Kelas Rendah Mi Darul Ulum Bantaran. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1138

Kosilah, O., Neeke, A., Akbar, A., & Riniati, W. O. (2022). Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(1), 275–282. http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Nazaruddin, N., & Mariyah, S. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 637–644. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1623

Ngura, E. T. (2022). Media Buku Cerita Bergambar. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907

Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bermuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659

Setiawan, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dalam Muatan Bahasa Indonesia Tema 2 …. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan …, 1(3), 65–73. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/70%0Ahttps://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/download/70/71

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/966


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats