Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas II SD Inpres Galung
(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Galung
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57416
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ama, R. G. T. (2020). Membangun Minat Baca Pada Siswa Sekolah Dasar. JawaTengah: CV Pena Persada.
Arikunto, S. (2021). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bangsawan, I. P. R. (2023). Mengembangkan Minat Baca. Banyuasin: Pustaka Adhikara Mediatama.
Chasanah, F. U., Ibrahim, M., Hidayat, M. T., & Rahayu, D. W. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Media Buku Cerita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3644–3650. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1397
Gereda Agustinus. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jawa Barat: Edu Publisher.
Hardanti, A. D. T., Rahmawati, F. P., & Widodo, W. (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 261–266. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.235
Hayati, N., & Fadilah, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Melalui Media Cerita Bergambar Siswa Kelas Rendah Mi Darul Ulum Bantaran. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 6(2), 141–154. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v6i2.1138
Kosilah, O., Neeke, A., Akbar, A., & Riniati, W. O. (2022). Meningkatkan Pemahaman Membaca Teks Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(1), 275–282. http://bajangjournal.com/index.php/JCI
Nazaruddin, N., & Mariyah, S. (2023). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Gemar Membaca pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 637–644. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1623
Ngura, E. T. (2022). Media Buku Cerita Bergambar. Yogyakarta: Jejak Pustaka.
Nurani, R. Z., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/907
Sari, Y., & Yustiana, S. (2021). Efektivitas bahan ajar cerita bergambar bermuatan religius terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 175. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.175-185
Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659
Setiawan, A. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Dalam Muatan Bahasa Indonesia Tema 2 …. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan …, 1(3), 65–73. https://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/view/70%0Ahttps://ejournal.lpipb.com/index.php/inovasi/article/download/70/71
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/966
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197