MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Nur Inda Pratiwi(1), Ahmad Syawaluddin(2*), Haspiah Haspiah(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Limbung Puteri
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57282

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas 5 SD Negeri Limbung Puteri dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan peneliti dalam dua siklus dengan masing-masing tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri Limbung Puteri yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan diskusi, teknik non tes berupa observasi, rubrik, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi bagian-bagian buku. Hasil sebelum dilakukan tindakan adalah pada prasiklus hanya 11 siswa atau 44% yang tuntas, pada siklus I meningkat menjadi 14 siswa atau 62% yang tuntas belajar bahasa Indonesia dan pada siklus II sudah ada peningkatan yaitu 20 siswa yang telah tuntas belajar bahasa Indonesia atau 86%.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar siswa

Full Text:

PDF

References


-, W., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Agus, J., Agusalim, A., & Irwan, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 6963–6972. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3845

Cahyadi, E., Dwikurnaningsih, Y., & Hidayati, N. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik terpadu melalui model project based learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 205–218. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/281

Dahlan Adnan. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. TEACHING AND LEARNING JOURNAL OF MANDALIKA (TEACHER) e- ISSN 2721-9666, 1(2), 83–92. https://doi.org/10.36312/teacher.v1i2.125

Indri Marwati, Amiruddin B, L. O. K. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN7 KONDA. Journal Of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(Agustus), 1–12. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Puspita, M., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 120. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.416

Puspitarini, B. I. (2022). Penggunaan Model Studysaster pada Pembelajaran Daring dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas 5 SD Kyai Ibrahim Surabaya Tahun Pelajaran 2020-2021. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.53

Rahmasari, R. (2016). Application of Problem Based Learning Model to Increase Science Learning Result of 4th Grade Student. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5, 3456–3465.

Ropalia, Apriyadi R., S. H. M. (2021). 江翠云 1 ,吴 然 2 ,方 杰 3 * (1. 17(1), 1–25.

Setiyaningrum, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD. Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 1(2), 99–108.

Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), VI(2), 93–99.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Silvia Citra Linda dan Hadiyanto. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats