Penerapan Media Picture Berbantu Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Di Sekolah Dasar

Muhammad Irfan(1), Latri Aras(2*), Yuliana Yuliana(3),

(1) Universitas Negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57220

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN 2 Tiwu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan media gambar berbantuan audio visual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 2 Tiwu yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi, observasi dan tes. Hasil akhir tes IPS diperoleh 15 siswa (54%) yang tuntas siklus I, sedangkan 13 siswa (46%) tidak tuntas. Para siswa mempelajari jenis-jenis kegiatan bisnis dan perekonomian di Indonesia melalui media gambar berbantuan audio visual berupa video animasi yang menampilkan materi pada mata pelajaran tersebut. Selanjutnya pada siklus II, lima siswa (17%) tidak tuntas atau, sedangkan 23 siswa (83%) tuntas atau. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dan audio visual akan meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 2 Tiwu Kabupaten Kolaka Utara pada tahun pelajaran 2022/2023.

Keywords


penerapan; kemampuan berpikir; gambar media

Full Text:

PDF

References


Affandy H. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA Batik 2 Surakarta. (Online), Vol 9 No. 2019, (https://jurnal.materi.dan.pembelajaran.fisika.,Diakses 03 Juli 2022)

Ahmad Arief. 2007. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Artikel Ilmiah. (https//pendidikan.artikel.memahami.berpikir kritis. Diakses 4 Juli 2022)

Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Ario, Puguh. 2015.Pemanfaatan Media Audio Visual pada Pembelajaran Seni Musik Di SMP Negeri 5 Batang : Analisis Proses dan Hasil Belajar, (Online), (https://jurnal.umsu.ac.id, Diakses pada tanggal 26 Januari 2022).

Arsyad,M,Azhar.2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib,Zainal, 2013.Model Model Media. (Online), Vol 6 No. 1,(http://jurnal.ucy.ac.id., Diakses 25 Januari 2022).

Danaryanti,Agni. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson- Gleser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasing Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. (Online), Vol 5 No.2, (http://Edu-mat. jurnal.pendidikan.matematika, Diakses pada 22 Januari 2022) Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta. 1998)

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Ennis. 1989. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical thinking Dispositions and Abilities. (Online) (hhtps://education.ellinois.edu, Diakses 3 Juli 2022)

Ewin, Hendrikus. 2013.Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pontianak: Universitas Tanjun Pura Pontianak

Fajriati, Rafni. 2013. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Subtema Perubahan Lingkungan Di Kelas V MIN Bilui Aceh Besar. (Online), (https://jurnal.participle_of_langguage, Diakses 21 Januari 2022).

FKIP. 2021. Buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar Edisi Revisi. Makassar: FKIP Unismuh.

Hamdani, M.A. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung : Pustaka Setia.

Ika, Rahmawati. 2017. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Pada Materi Gaya. (Online), (http:/jurnal.pasca.ac.id. Diakses 25 Januari 2022).

Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi ketiga. 2003. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Liliasari. 2010. Peningkatan Mutu Guru Dalam Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Model Pembelajaran Kapita Selekta Kimia Sekolah Lanjutan. (https://jurnal.pendidikan.matematika.dan.sains, Edisi 3 Tahun VIII, 2003. Hal.175 Diakses 4 Juli 2022).


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats