PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD INPRES 6/75 CINENNUNGKECAMATAN CINA KABUPATEN BONE
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57216
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran CTL dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SD Inpres 6/75 Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 66,66% (cukup) dan pertemuan 2 mencapai 80,95% (baik), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 90,47% (baik) dan pertemuan 2 mencapai 95,25% (baik). Persentase aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 61,90% (cukup) dan pertemuan 2 mencapai 71,42% (cukup), sedangkan pada siklus II pertemuan 1 85,71% (baik) dan pertemuan 2 mencapai 90,25% (baik). Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 9 dari 15 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,6 dengan persentase mencapai 60% (cukup), sedangkan pada siklus II terdapat 12 dari 15 siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 77,3% dengan persentase 80% (baik). Dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatka hasil belajar Matematika siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, R. 2019. Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Pelajaran Matematika Kelas II Di SD Negeri 1 Palimanan Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Institut Agama Islam Iai Bunga Bangsa Cirebon
Agung, L dan Suryani, N. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Ombak
Agus, S. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Al-tabani, Trianto. 2014. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya : Prenadamedia Group.
Anjani Putri. B. P. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa).Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2020. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Shoimin, A. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Edisi 2018. Ar-Ruzz Media.
Damayanti, H. L., & Anando, A. 2021. Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59.
Danasasmita, W. 2013. Model pembelajaran dan pendekatannya. Bandung: Direktori Universitas Pendidikan Indonesia.
Dimyati dan Mudjiono. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Faturrahman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Fauzi, I., & Arisetyawan, A. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35.
Festiawan, R. 2020. Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Firdaus, F., Kailani, I., Bakar, M. N. Bin, & Bakry, B. 2015. Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 9(3), 226–236.
Hartini, H. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pecahan Kelas III MI AL MA’ARIF Kota Sorong. Jurnal Pendidikan, 5(2), 10–16. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v5i2.122
Hosnan. 2016. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Jafar, I., Patta, R., & Rauf, H. 2018. Penerapan Pendekatan Realistik Bersetting Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Inp 6/75 Manurungge Watampone Kab. Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2(2), 10-18.
Komariah, A. dan Djam’an, S. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Alfabeta.
Nurrita, T. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah. 2018. 3(1) 171, 03, 171–187.
Article Metrics
Abstract view : 30 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197