Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 121 Salaonro

Yoan thanama(1), Ahmad Syawaluddin(2*), Herawati Herawati(3),

(1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57179

Abstract


Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan Metode Speed Reading untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 121 Salaonro Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Speed Reading untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 121 Salaonro Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah PTK berdaur ulang. Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Penerapan metode Speed Reading, 2) Hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 121 Salaonro Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dengan jumlah 30 orang yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan. Siklus I mencapai kualifikasi Baik (B) dan pada siklus II mencapai kualifikasi Sangat Baik (A). Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan metode Speed Reading dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VI SD Negeri 121 Salaonro Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.


Keywords


Speed Reading, Hasil Belajar, Siswa

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 6.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Depdiknas. Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama.

Rosmawati.L. Muftianti. A. 2021. Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Metode Speed Reading Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas V SD. Jurnal Collase. Vol.4 (1).

Hidayanti, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memabaca Cepat dengan Menggunakan Metode Speed Reading dan Talking Stick Pada Kelas III SDN 1 Banyu Urip Kecamatan Gerung Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Mataram : Unram Press.

Tahar, S. S. H. (2019). Penerapan Metode Speed Reading Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 2 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Makassar : UNM Press.

Tarigan, H. G. (2018). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa - Bandung Angkasa. Bandung: Angkasa.

Undang-undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. (n.d.).


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats