Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa SD NEGERI 1 BANGKALA)

Andi Sri Wulan(1), Latri Aras(2*), Andi Endang(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57171

Abstract


Penerapan sistem pembelajaran yang monoton merupakan salah satu penghambat serta kendala yang muncul pada setiap proses pembelajaran. Ketidak tepatan dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk karakteristik siswa pada suatu tempat pembelajaran juga merupakan suatu kendala dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas III SDN 1 Bangkala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri 1 Bangkala yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini dimulai dengan pre test. Tujuan diadakan pre test yaitu untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum dilakukan tindakan kelas. Hasil evaluasi pre test menunjukkan bahwa hanya 7 (31,81%) orang siswa yang tuntas atau memenuhi KKM sekolah dengan nilai rata- rata 71,42. Sedangkan 15 (68,18%) orang siswa lagi belum tuntas dengan nilai rata-rata 48, dan nilai rata-rata kelas 55,45. Selanjutnya peneliti melakukan tindakan pada siklus I. Hasil evaluasi pada siklus I ada 17 (77,27 %) siswa yang berhasil mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,11, dan 5 orang siswa (22,72 %) belum mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata 56, dan nilai rata-rata kelas 70. Dengan demikian siswa kelas III SD Negeri 1 Bangkala telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70. Dengan demikian peneliti tidak melakukan lagi tindakan pada siklus II.

Keywords


Sumber daya alam, model pembelajaran tgt, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo Cipta.

Hasibuan. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Isjoni, 2009, Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfa Beta. Jakarta: Erlangga.

Korayanti, 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Negeri Mancasan Gamping Sleman. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Hamalik. 2004. Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar Berdasarkan RajaGrafindo Persada.

Sardiman.A.M, 2011, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka.

Trianto, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik.

Wahyudin, dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winkel, 2006. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Gramedia, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats