Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Model Pembelajaran Guided Teaching

Wulan Sanytiara(1), Sayidiman Sayidiman(2*), Alfriadi Alfriadi(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57169

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan gejala-gejala seperti hanya sebagian kecil siswa yang memperoleh nilai diatas KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75, dari 22 orang siswa hanya 45% yang mampu mencapai KKM, adanya sebagian siswa yang sulit memahami pelajaran yang disampaikan, hal ini terlihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh guru hanya sebagian siswa yang memperoleh nilai baik dan dapat mengerjakan soal dengan benar, sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyelesaian dari teman kelompok ataupun guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan dan kurangnya keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan tentang materi yang tidak mengerti kepada guru dalam proses belajar. Berhasilnya Model Guided Teaching ini diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai dengan jumlah rata-rata 72 dengan kategori cukup, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa memperoleh nilai dengan jumlah rata-rata 85 dengan kategori baik. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran dengan model guided teaching dapat dikatakan berhasil.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran Guided Teaching, Peningkatan

Full Text:

PDF

References


Fauzi, R. (2016) ‘Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual pada materi sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi di indonesia’, 10, pp. 65–74. Available at: http://repository.unpas.ac.id/9098/%0Ahttp://repository.unpas.ac.id/9098/5/Bab 2.docx.

Gumilar, G. and Sulistyo, E. (2015) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Merekam Audio Distudio Dismkn 2 Surabaya’, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(No 2), pp. 633–638.

Isman M. Nur and Diah Prawitha Sari (2022) ‘Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Guided Teaching Berbasis Soft Skills’, Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), pp. 1012–1022. Available at: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.724.

Nurdyansyah and Fahyuni, E.F. (2016) Inovasi Model, Nizmania Learning Center.

Rahman, S. (2021) ‘Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar’, Merdeka Belajar, (November), pp. 289–302.

Rochiati Wiraatmadja, (2007) Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Rosda

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Rineka Cipta. 1998).


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats