PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE TIME TOKEN ARENDS PADA SISWA KELAS V UPT SPF SDI TAMAMAUNG II

Ahmad Syawaluddin(1), Muhammad Amran(2*), Pratiwi Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.57135

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPT SPF SD Inpres Tamamaung II, dengan menggunakan metode Time Token Arends. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti tahapan siklus yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa dari kelas V UPT SPF SD Inpres Tamamaung II. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan berbicara melalui penggunaan metode Time Token Arends. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar penilaian siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra-tindakan, di mana hanya 5 siswa atau 22% yang mencapai nilai KKM dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67. Setelah dilakukan tindakan, jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 20 siswa atau 90% dengan nilai rata-rata sebesar 82.

Keywords


Keterampilan; Berbicara; Time; Token; Arends.

Full Text:

PDF

References


Nuruzzaman, F. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Time Token Arends. Basic Education, 8(2), 167-175.

Perwitasari, A., & Abidin, Z. (2014). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pkn Melalui Model Time Token Arends Dengan Media Audio Visual. Joyful Learning Journal, 3(1).

Prayogo, I. (2012). Peningkatan Ketrampilan Berbicara Melalui Metode Time Token Arends Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Dukuh Mulyo Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012a (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 78-85.

Son, R. S. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 284-291.

Suryani, S., & Saring Marsudi, S. H. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V Melalui Metode Time Token Arends Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Negeri Plosokerep 2 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Herawati, H., and H. Santoso. (2011). Tropical forest susceptibility to and risk of fire under changing climate: A review of fire nature, policy and institutions in Indonesia. Forest Policy and Economics, 13 (4), 227 – 233.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (2012) Peraturan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor: 04/E/2012 tentang Pedoman Karya Tulis Ilmiah. Jakarta: LIPI.

Mashudi, dan Adinugraha, H.A. (2015). Kemampuan Tumbuh Stek Pucuk Pulai Gading (Alstonia scholaris (L.) R. Br.) dari Beberapa Posisi Bahan Stek dan Model Pemotongan Stek. Jurnal Penelitian Kehutanan Daya Matematis, 4(1), 63–69.

Nurhani. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja

Rosdakarya Paizaluddin, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Wewe. 2016. Pendekatan Realistik dalam Pembelajara. Jakarta: Depdikbud.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats