Penggunaan Media Pembelajaran Aksara Lontara Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar
(1) Pendidikan Profesi Guru, PGSD, Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPTD SDN 40 Jenetaesa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57112
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar peserta didik yang kesulitan dalam memahami, mengenali dan membedakan huruf-huruf pada aksara lontara Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa daerah (Makassar) dengan menggunakan media pembelajaran Aksara berbasis augmented reality. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kleas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengetahui presentasi belajar peserta didik menggunkan lembar observasi, tes dan dokumentasi dengan menggunkan subjek penelitian sebanyak k25 peserta didik kelas IV. Pelaksanaan siklus I diperoleh pesentase hasil belajar peserta didik pada kategori cukup (C) dan siklus II diperoleh presentases hasil belajar peserta didik dikategori baik (B). Oleh krena itu, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media pembejaran Aksara berbasis augmented reality mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dimata pelajaran bahasa daerah Makassar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone. Skripsi Universitas Negeri Makassar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Ariningsih, P. W. A. N. W. A. K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. 2, 176–182.
Irfan, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung ). Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 129–152
Kustandi, C, Darmawan, D. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta:Kencana
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. https://doi.org/e-ISSN : 2548-8260
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 125- 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Ridwan, M., Zulhajji, & Andayani, D. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pembelajaran DNA Dan RNA, 1-13. http://eprints.unm.ac.id/20325/
Syawaluddin, A., Makkasau, A., & Jamal, ina fitriyani. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 296–306.
Syawaludin, A. (2019). Development of Augmented Reality-Based Interactive Multimedia to Improve Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344.
Tenri, S. siti nurmina, Aswar, & Irfan. (2018). Design Of Educational Media Introduction The Lontara Script Of Makassar For The Age Of 6-8 Years Perancangan Media Edukasi Pengenalan Aksara Lontara Makassar Untuk Usia 6-8 Tahun. 5-12.
Yudiantika, A. R., Pasinggi, E., Sari, I., & Hantono, B. S. (2013). Implementasi Augmented Reality di Museum : Studi Awal Perancangan Aplikasi Edukasi untuk Pengunjung. Jurnal Teknik Elekro dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–10.
Article Metrics
Abstract view : 58 times | PDF view : 2 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197