Penerapan Model Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan

Widia Reskiani(1), Muhammad Amran(2*), Nurmawati Nurmawati(3),

(1) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SDN 231 LIU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.57030

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SDN 231 LIU, Kabupaten Wajo yang belum mencapai SKBM. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses dan hasil belajar tentang udara bersih bagi kesehatan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas V SDN 231 LIU. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 231 LIU yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I hasil observasi guru yaitu 80% (B), untuk hasil observasi siswa yaitu 74,6% (C) dan hasil tes belajar siswa yaitu 74,9 (C). Pada siklus II hasil observasi guru yaitu 86,6% (B), untuk hasil observasi siswa yaitu 89,1% (B) dan hasil tes belajar siswa yaitu 84,5% (B). Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar tentang udara bersih bagi kesehatan siswa kelas V SDN 231 LIU, Kabupaten Wajo.


Keywords


Make a match; hasil belajar ; udara bersih bagi kesehatan

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B. & Zain, A. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Timur: PT. Rineka Citra.

Fajar., Muslimin., & Aqshal. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belaja Siswa Tentang Tata Letak, Luas, dan Karakteristik Kondisi Geografis Indonesia Melalui Peta di Kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 2 (1).

Halik, A., Israwaty, I., & Monalisa. (2019). Penerapan Metode Directed Reading Thingking Activity ( Drta ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 65 Parepare. Jurnal Nalar Pendidikan.Vol.7 (2) 125-131

Ilmi, Nur. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. Vol. 5(1), 154-160.

Nurjannah., Tuken, R., & Shera, Mulky Al. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol. 2(2), 225-226.

Riyanti, Nisrohah Neni., & Abdullah M. Husni. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasik Belajar IPS. Jurnal PGSD, 06(04), 440-450.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo. Nizmania Learning Center

Nyoman Suprapta, D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classromm Actinon Research). In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol.4 (3), 662-672.

Syam, N., & Lansart, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Interaksi Manusia Di Kelas V Sd Negeri 290 Inpres Kasisi Kabupaten Tana Toraja.Jurnal Publikasi Pendidikan.Vol 2 (2).

Sidiq, U & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatis di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling. CV. Nata Karya

Zakiah, I. & Kusmanto, H. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32–43


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats