Penerapan Metode Diskusi Pada Materi Operasi Hitung Campuran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VI

Ika Sri Wahyuni(1), Syamsu Rijal Basri(2*), Rahmawati Rahmawati(3),

(1) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.56865

Abstract


Fasilitas pendukung dalam proses pembelajaran, seperti peralatan pengajaran dan pembelajaran, mengakibatkan ketidakmenarikan pembelajaran Matematika bagi peserta didik. Hal ini berpotensi menurunkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui penerapan metode diskusi kelompok dalam mata pelajaran Matematika khususnya pada materi operasi hitung campuran di kelas VI UPT SPF SD Negeri Mangasa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VI A yang berjumlah 21 orang, terdiri dari 8 laki-laki dan 13 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil observasi menunjukkan bahwa rata-rata prestasi belajar peserta didik adalah 57,9, dan ketuntasan klasikalnya adalah 58,3%. Setelah Siklus I, terjadi peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan rata-rata mencapai 59,5 dan ketuntasan klasikal mencapai 70,8%, mengindikasikan peningkatan sebesar 1,6 poin. Pada Siklus II, rata-rata prestasi belajar peserta didik meningkat menjadi 72,1. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus sebelumnya sebesar 14,2 poin, dengan semua peserta didik mencapai ketuntasan belajar 100%. Sehingga disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok berhasil meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas VI utamanya pada materi operasi hitung campuran dan berimplikasi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.


Keywords


Diskusi; Operasi Hitung Campuran; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aguswandi. (2018). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Matematika dan PKN untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V SDN 006 Koto Inuman Kecamatan Inuman. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 2(1), 60–64. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i1.4878.

Barnaba, & Asruddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Media Anagram dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 80–89. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2646.

Çinar, S., Pirasa, N., Uzun, N., & Erenler, S. (2016). The Effect of STEM Education on Pre-Service Science Teachers’ Perception of Interdisciplinary Education. Journal of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 118–142. https://doi.org/10.12973/tused.10175a.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1321/2/022099.

Ernawati. (2020). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 125–131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.594.

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi TPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19456.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770.

Ismail, R. (2018). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah Ditinjau dari Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.23595.

Karyadi. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melaporkan Isi Bacaan melalui Metode Diskusi. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 80–91.

https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.28.

Lailiyah, N., & Wulansari, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Diskusi Kelompok Model Tanam Paksa Peserta didik Kelas X Pemasaran 1 SMK PGRI 2 Kediri. Jurnal Pendidikan, 1(2), 166 – 173. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p166-173.

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Matematika Peserta didik Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33359.

Miasari, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Peserta didik Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 59–70. https://doi.org/10.25078/aw.v3i2.885.

Mustamin, H. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Diskusi pada Peserta didik Kelas VII MTs Negeri 1 Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 180–192. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i15.

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V Semester II SD Gugus VI Kecamatan Sukasada. Mimbar PGSD

Undiksha, 7(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.16975.

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238.

Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Media Bangun Ruang dan Bangun Datar pada Peserta didik Kelas V SDN Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.

Rinaldi. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Standar Kompetensi Menerapkan Konsep Barisan dan Deret dalam Pemecahan Masalah melalui Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok di Kelas XI AP 3 Semester Ganjil SMKN 1 Payakumbuh Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(1), 107 – 117. https://doi.org/10.29210/149%y.

Roebianto, A. (2020). The Effects of Student’s Attitudes and Self-Efficacy on Science Achievement. Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/jp3i.v9i1.14490.

Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42. https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/326/154.

Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Peserta didik melalui Media Kotak Ajaib Berbasis STEM pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.02.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228–238. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.348.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats