PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Ahmad Syawaluddin(1), Syamsurijal Basri(2), Nur Indah Sari(3*),

(1) Jurusan PGSD
(2) Pogram Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.56855

Abstract


Penelitian ini, Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes evaluasi. Hasil observasi siklus I pada aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup (C), aktivitas belajar siswa pada kategori kurang (K) dan tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori belum tuntas. Pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B), aktivitas belajar siswa pada kategori baik (B) dan tes kemampuan berpikir kritis siswa pada kategori tuntas. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan sosial (IPAS) siswa kelas IV SD Negeri Unggulan Bontomanai Kabupaten Gowa.


Keywords


Model Pembelajaran; Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Fahrunisa, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. 881–890. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiZ04mv9auCAxXLzDgGHXJ6AdYQFnoECB0QAQ&url=https%3A%2F%2Fjournal.student.uny.ac.id%2Fojs%2Findex.php%2Fpgsd%2Farticle%2Fdownload%2F15039%2F14576&usg=AOvVaw3YIlc7Il11CZUFB92hzQVI&opi=89978449

Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Jauhar, S., Muin, A., Kultsum, W. U., Fakultas, P., Pendidikan, I., & Negeri, U. (2023). Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar PENERAPAN MODEL BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 114 MANCIRI Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(1), 109–115.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.3047

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Pebriana, R., & Disman. (2017). Effect of Problem Based Learning To Critical Thingking Skills. 1(1), 109–118.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/925

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.602

Syarifudin, A., Dhewy, R. C., & Agustina, E. N. S. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.155


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats