HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS TINGGI

Muliadi Muliadi(1*), Sitti Jauhar(2), Andi Arma Nur(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.51857

Abstract


Penelitian ini adalah korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan Status gizi dengan tingkat Kebugaran jasmani siswa kelas tinggi Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 24 siswa dan sampel yaitu seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel penelitian total sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi pearson product moment. Gambaran Status gizi siswa yaitu; siswa yang yang memiliki Status gizi baik sekali 0%, baik 29%, sedang 66%, kurang 5% dan kurang sekali 0%. Gambaran tingkat Kebugaran jasmani siswa yaitu; siswa yang memiliki tingkat Kebugaran jasmani sangat baik 0%, baik 55%, sedang 45%, kurang dan kurang sekali 0%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara Status gizi dengan tingkat Kebugaran jasmani termasuk dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara Status gizi dengan tingkat Kebugaran jasmani siswa kelas tinggi SD Inpres 10/73 Ujung Tanah Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone.


Full Text:

PDF

References


Amran, Muhammad, and Muslimin. 2020. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This Work Is Licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM JIKAP PGSD : .” JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan This Work Is Licensed under a Creative Commons Attribution 4 . 0 International License Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Interactive Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FIP UNM JIKAP PGSD : 4(1):52–61.

Darmawan. 2017. “Upaya Meningkatkan Kebuagaran Jasmani Siswa Melalui Penjas.” Jurnal Ilmu Pendidikan 7(2):143–54.

Hidayah, Tria Nurul, Yenni Fitra Surya, Putri Hana Pebriana, Yanti Yandri Kusuma, and Rizki Ananda. 2023. “Penerapan Model Direct Reading Thinking Activity ( DRTA ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 7(1):98–104.

Nurjannah, Nurjannah, Fajar Fajar, and Yupitasari Yupitasari. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air.” JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4):379. doi: 10.26858/pjppsd.v2i4.35756.

Rosita. 2015. “Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Pandangpanjang.” Jurnal Kesehatan Andalas 3(3):14–22.

Rosmalah, Rosmalah, Sudarto Sudarto, and Khaviva Hur’ainun. 2022. “Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi.” JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4):334. doi: 10.26858/pjppsd.v2i4.36522.

Sepriadi. 2017. “Pengaruh Motivasi Berolahraga Dan Status Gizi Terhadap Tingkat Kebuagaran Jasmani.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Surachmad. 2012. “Hubungan Antar Status Gizi Dan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas SD Sompok Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul.” Jurnal Ilmu Pendidikan 12(2):115–21.

Vita. 2015. “Status Gizi Anak Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Sungaililin.” Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan 2(1):129–34.


Article Metrics

Abstract view : 66 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats