HUBUNGAN PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL DENGAN NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS TINGGI SD

Muliadi Muliadi(1*), Firdaus Firdaus(2), Putri Rabiatul Adawiah(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.51722

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara permainan olahraga tradisional dengan nilai kedisiplinan. Populasi penelitian seluruh siswa kelas tinggi SDN 23 Jeppe’e yang berjumlah 136 siswa dan sampel berjumlah 68 siswa, dimana 50% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel adalah sampling purposiveTeknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Gambaran permainan tradisional siswa kelas tinggi yaitu sebanyak 3 orang (5%) siswa kategori tinggi, 46 siswa (68%) kategori sedang dan 19 siswa (27%) kategori rendah. Gambaran nilai kedisiplinan siswa kelas tinggi yaitu sebanyak 15 orang (22%) siswa kategori tinggi, 42 siswa (62%) kategori sedang dan 11 siswa (16%) kategori rendah. Hasil analisis statistik inferensial korelasi diperoleh 0,465 dengan kategori sedang karena berada pada rentang 0,40 – 0,599. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara permainan olahraga tradisional dengan nilai kedisiplinan siswa kelas tinggi SDN 23 Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone.


Keywords


Permainan olahraga tradisional, kedisiplinan, siswa kelas tinggi

Full Text:

PDF

References


Andika. 2023. “Pengetahuan Peserta Didik Di Kota Pontianak Terhadap Permainan Rakyat Dan Olahraga Tradisional.” Jurnal Pendidikan Olahraga 6(1):43–44.

Azis, Dede Abdul. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Implementasi Penggunaan Media Learning Videos Terhadap Motivasi Dan Hasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” 317–21.

Cahyono. 2015. “Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajarn PKN Di SD Pasundan 1 Subang.” Journal STKIP Subang 3(2):140–45.

Fahmi. 2020. “Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani.” in Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Muslimin, M & Amran, M. 2020. “Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 4 (2):130.

Nurjannah, Nurjannah, Fajar Fajar, and Yupitasari Yupitasari. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Siklus Air.” JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4):379. doi: 10.26858/pjppsd.v2i4.35756.

Oktafiani. 2019. “Faktor Yang Berisiko Terhadap Hipertensi Pada Pegawai Di Wilayah Perimeter Pelabuhan.” Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas 2(3):43–44.

Pradika. n.d. “Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas III Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Tradisional Di SDN 2 Jagamangsan 2 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman.” in Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Jurnal Al-Urwatul Wustaa 2(1):36–39.

Ratnasari. 2020. “Hubungan Permainan Olahraga Dengan Perilaku Disiplin Siswa Di Sekolah.” in Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Rosmalah, Rosmalah, Sudarto Sudarto, and Khaviva Hur’ainun. 2022. “Hubungan Antara Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi.” JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4):334.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani. 2021. “Pengaruh Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V SD Negeri Salam 1 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.” in Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulista. 2015. “Kualitas Layanan Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Batang Tahun Ajaran 2014/2015.” Economic Education Analysis Journal 4(1):47–48.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats