ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SDN 5 MADDUKKELLENG KECAMATAN TEMPE KABUPATEN WAJO

Firdaus Firdaus(1), Abd Kadir(2*), Syahratul Mutiah Akil(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i3.51152

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan faktor penghambat literasi sains siswa kelas V. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yang diperoleh 11 siswa memiliki kemampuan literasi sains kategori tinggi, 8 siswa memiliki kemampuan literasi sains kategori sedang dan 4 siswa memiliki kemampuan literasi sains kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa kemampuan literasi sains siswadi SDN 5 Maddukkelleng termasuk kategori tinggi. Faktorpenghambatliterasisainskategorisedangyaitusiswa kurang mampu dalam menyimpulkan peristiwa, siswa kebingungan dalam menentukan kalimat yang tepat yang sesuai dalam menjawab soal dan kategori rendah siswa tidak memahami soal dengan baik, dan tidak mampu mengaitkan pengetahuan sains dengan fenomena-fenomena yang terjadi di dunia, serta ketidakmampuan siswa dalam memahami kalimat dalam soal dengan tepat untuk menjawab soal sehingga mengakibatkan kurang tepatnya jawaban.

Kata Kunci: Kemampuan, literasi, sains. 


Full Text:

PDF

References


Awaluddin Muin. 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 2 (4):342–43.

Firdaus. 2023. Bepikir Kritis & Kreatif Dalam Pembelajaran Matematika. Watampone: Syahadah.

Ilsadiati, Mislinawati, &. Tursinawati. 2017. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Di SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2(4):27–35.

Lestari, Santi, Siti Masfuah, Ika Oktavianti, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Muria, and Media Diorama. 2023. “JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Model Problem Based Learning Berbantuan Diorama Bulusan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan (2019):90–97.

Muslimin, M & Amran, M. 2020. “Penerapan Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SD Kelas IV Pada Materi Konsep Energi Bunyi.” JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol 4 (2):130.

Nurfaidah, S. 2017. “Analisis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD.” Mimbar Sekolah Dasar 4(1):55–56.

Putri, Tiara Eka; Mawardi; Diana. 2019. “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Sains Sederhana Pada Siswa Di Pendidikan Sekolah Dasar Pontianak.” 5.

Sitti Jauhar, dkk. 2023. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2 (4):370–71.

Utami, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau Dari Aspek Konten, Proses, Dan Konteks Sains.” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia 10(2):380–90.

Yuyu, Y. 2017. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(2):21–28.


Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats