PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POSTER SESSION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD
(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.51136
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran poster session untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 358 Pengkasalu kecamatan Kamanre Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksananakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilakukan dia kali pertemuan dengan melalui 4 tahap yaitu teahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran poster session oleh guru dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 18 siswa, Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjkkan bahwa terdapat hasil belajar IPA siswa siklus I termasuk kualifikasi Cukup (C) dan siklus II termasuk kualifikasi Baik (B). Hal ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran poster session dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Kata kunci:
Strategi pembelajaran, poster session, hasil belajar IPA
Full Text:
PDFReferences
Awaluddin Muin. 2023. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 2 (4):342–43.
Hasan, H. 2021. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar IPS Murid Kelas V SDN N0 39 Centre Palleko Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.” Jurna Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar 4(3):212–17.
Hastuti, E. .. 2012. “Penerapan Strategi Pembelajaran Poster Session Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Juniati, N.W, & Widiana, I. .. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.” Journal of Education Action Research 2(3)(312–314).
Megawanti, P. 2012. “Permasalahan Pendidikan Dasar Di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 (3):227–34.
Siti, A. 2016. “Penerapan Metode Poster Session Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI At-Taqwa Tangerang Kota.” Journal Filsafat Indonesia 7(2):1–23.
Sitti Jauhar, dkk. 2023. “Hubungan Kompetensi Sosial Guru Dengan Hasil Belajar IPS Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2 (4):370–71.
Article Metrics
Abstract view : 117 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197