HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.50603
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 295 Lampulung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi yang berjumlah 42 siswa dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah populasi. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Keteranpilan guru mengelola kelas memiliki rata-rata 79,90 dan persentase 62,42% dengan kategori sedang dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 82,55 dan persentase 82,54% dengan kategori sangat baik. Statistik inferensial korelasi pearson produt moment diperoleh 0,993 dengan kategori sangat kuat karena berada pada rentang 08,00-1,000, di mana H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 295 Lampulung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrulloh, A. 2015. Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. Al Bayan, 7 (2), 125–148. https://media.neliti.com/media/publications/74008-ID-sistem-penilaian-dalam-pembelajaran.pdf
Anwar, Ratnaningsih, A., & Yansaputra, G. 2021. Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model PBL Kelas IV MI. Journal of Digital Learning and Education, 1 (1), 33–38.
Arikunto, S., & Jabar, S. A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Aslmiah, dkk. 2022. Pengelolaan Kelas. Raja Grafindo Persada.
Dalyono. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, R. S. 2015. Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran di SMP Se-Kecamatan muntilan. Skripsi, 3 (1), 1–179.
Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar dan pembelajaran : 4 Pilar Kompetensi Pedagogis. Kaaffah learning center.
Djamarah. 2016. Pentingnya Pengelolaan Kelas dalam Menunjang Pembelajaran yang Kondusif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan, 7(4).
Dr. Ahmad Susanto. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah (1st ed.). Grand Media Karya.
Emzir. 2017. Penerapan Ilmu Pengetahuan Sosial. Erlangga.
Evinna Cinda Hendriana. 2018. Pengaruh Keteampilan Guru dalam Mengelola Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 46-49.
Fauziyah, N. 2021. Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlaq Di Era Pendemi Covid-19 Pada Siswa Kelas V Di Mi Darul Ulum Desa Benem Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 23(2), 109–124.
Hamsinar. 2017. Cara Mengelolah Data Kunatitatif. Media Karya.
Hasibuan, I. 2015. Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.Kartina, K., Wahira, W., & Wahed, A. 2021. Pengelolaan Kelas Dalam Menunjang Keefektifan Pembelajaran Di SD. Edustudent: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 30.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. 2018. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4 (2), 55–60.
Article Metrics
Abstract view : 91 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197