PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

Abdul Hafid(1*), Mujahidah Mujahidah(2), Rahmat Sudaryanto(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.50480

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran role playing. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 12/79 Tellangkere Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Bone dengan sampel sebanyak 35 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 59.17 dengan nilai persentase 38% berada pada kategori kurang sedangkan rata-rata hasil posttest 87.63 dengan nilai persentase 82% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai t hitung (13.869) lebih besar (>) dari t tabel (1.69236) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Inpres 12/79 Tellangkere Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Bone.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats