Pengaruh Metode Permainan Treasure Hunt Terhadap Hasl Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Biru

Rosmalah Rosmalah(1*), Abd. Kadir(2), Ayurnita Eka Putri(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.50472

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain penelitian one group pretestposttest design yang bertujuan untuk : 1) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone sebelum menggunakan metode permainan Treasure hunt, 2) mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone setelah menggunakan metode permainan Treasure hunt, 3) mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan metode permainan Treasure hunt terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 6/75 Bitu Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone sebanyak 28 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 51,07 dan nilai presentase 39,3% berada pada kategori sedang, sedangkan rata-rata hasil posttest 70,71 dan nilai presentase 50% berada pada kategori baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung (4,371) lebih besar (>) dari ttabel(1,70614) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode permainan treasure hunt berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.

Full Text:

PDF

References


Deci, Edward L, and Richard M Ryan. 1985. “The General Causality Orientations Scale: Self-Determination in Personality.” Journal of research in personality 19(2): 109–34.

Gee, James Paul. 2003. “What Video Games Have to Teach Us about Learning and Literacy.” Computers in entertainment (CIE) 1(1): 20.

Hakim, Lukman. 2016. “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2(1).

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Minsih, Minsih. 2018. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” Profesi pendidikan dasar 5(1): 20–27.

Mu’min, Sitti Aisyah. 2013. “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 6(1): 89–99.

Mufti, Dhini. 2019. “Pengaruh Metode Treasure Hunt Game Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN 35 Jembatan Babuai Kecamatan Padang Selatan Kota Padang.”

Muslich, Masnur. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.

Nasution, Toni. 2017. “Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Siswa.” Ijtimaiyah: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 1(2).

Nurjanah, Nunung, Sholeh Hidayat, and Chusaery Rusdi Syarif. 2016. “Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Treasure Hunt Dan Kreativitas Membuat Catatan Terhadap Hasil Belajar Siswa.” JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal 3(1).

Priadana, M Sidik, and Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Rusman. 2015. Pembelajaran Terpadu(Teori, Praktik Dan Penlaian). Jakarta: Rajawali Press.

Sholikhah, Amirotun. 2016. “Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 10(2): 342–62.

Sudjana, Nana. 2010. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.”

Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats