PENERAPAN METODE DISKUSI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI 49 LAPPOASE KECAMATAN AWANGPONE KABUPATEN BONE
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48651
Abstract
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan metode diskusi tutor sebaya yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi tutor sebaya pada kelas V mata pelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas V dan siswa kelas V SD Negeri 49 Lappoase yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I sebanyak 54,54% atau 6 siswa memperoleh nilai berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 90,91% atau 10 siswa dengan berada pada kategori baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran diskusi tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 49 Lappoase Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 73 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197