Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Rosmalah Rosmalah(1*), Firdaus Firdaus(2), Satriani Satriani(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48609

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading dengan sampel sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 29,50 dan rata-rata posttest 81,00. Angket respon diperoleh rata-rata 84,35 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 94,00. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Inpres 6/75 Kading.


Keywords


Cooperative learning model;group investigations;social studies learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Y. 2022. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN 10 Sungai Are Kelas V Kabupaten Oku Selatan. Skripsi. Universitas Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2018. Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktik Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Arrahim, and Dede Abdul Azis. 2023. “Implementasi Penggunaan Media Learning Videos terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 7(2): 317–21.

Firdaus. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Sainsmat, V(1), 94-105.

Firdaus. 2023. Berpikir Kritis & Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Watampone : CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Hasriani. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Kelas XI SMA Negeri 14 Gowa. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Masana, K. 2022 Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, V(6), 492-498.

Muin, A., Firdaus., & Hajar, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 342.

.Nandar, H. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Wilayah Makassar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Peraturan Pemerintah RI. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

RI, Peraturan Pemerintah. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sari, Y.K.P. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 101870 Desa Sena Kecamatan Batang Kuis T.A 2018/2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sobri, M. 2020. Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar. Jawa Barat : Guepedia

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alvabeta CV

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Syam, M.N. 2022. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bontocinde Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tim Penyusun. 2020. Panduan Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Makassar. Badan Penerbit UNM.


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats