Meningkatkan Minat Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (Studi Pada Siswa Kelas V SD Inpres 12/79 Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone)
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48526
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone melalui model pembelajaran CRH (Course Review Horay). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 17 siswa. Desain yang digunakan adalah desain model bersiklus atau berdaur ulang yang berisi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa dari 71% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres 12/79 Cellu Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi Universitas Negeri Makassar.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jafar., M.I, dkk. 2023. Hubungan Pemberian Ice Breaking dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4): 328
Jauhar. S. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2): 144
Hidayatullah. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Banten : LKP Setia Budi
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah RI. 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- ruzz media.
Sugandi, D., Syach, A., & Juniarti, N. 2020. Peningkatan Minat Belajar Melalui Model Course Review Horay (CRH) Pada Mata Pembelajaran IPA Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh. Jurnal Tahsinia 1 (2), 191-198.
Uno, B. H, dkk. 2014. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Yusnita, N. 2017. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Course Review Horay di Kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua TA 2016/2017. Thesis, UNIMED.
Article Metrics
Abstract view : 111 times | PDF view : 36 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197