Hubungan Gaya Belajar Auditorial Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Tinggi SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone

Sitti Jauhar(1*), Abd. Kadir, A(2), Muh Farhan(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48421

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bertujuan mengetahui gambaran gaya belajar auditorial kelas tinggi, mengetahui gambaran hasil belajar IPS siswa kelas tinggi dan mengetahui ada tidaknya hubungan signifikan gaya belajar auditorial dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi. Variabel X dalam penelitian ini adalah gaya belajar auditorial dan Variabel Y adalah hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Inpres 12/79 Lonrae Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone yang berjumlah 142 dan sampelnya adalah 50% dari populasi yaitu 72 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple rondom sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferesial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif gaya belajar auditorial tergolong sangat baik dengan persentase 88,6% dan hasil belajar IPS juga tergolong tinggi dengan persentase 77,92%. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai koefisien korelasi (rhitung) lebih besar (≥) nilai (rtabel), yaitu 0,447 ≥ 0,235 dan sig 0,000 ≤ 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan  H1 diterima. Dapat disimpulkan terdapat hubungan gaya belajar auditorial dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi.

Full Text:

PDF

References


Anik Lestariningrum. 2017. Perencanaan Pembelajaran. Adjie Media Nusantara.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Brier, J., & lia dwi jayanti. 2020. No shukan-teki kenkō-kan o chūshin to shita zaitaku kōrei-sha ni okeru kenkō kanren shihyō ni kansuru kyōbunsan kōzō bunseki Title. journal surabaya,2203.

Carin, A A., Sund, R. & lahkar, B.K. 2018 No. Title. Journal Of Controlled Release, 11(2), 430-439.

Djamaluddin, A., & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompotensi Pedagogis. CV Kaaffah Learning Center.

Ghufron, M. Nur dan Rini Risnawita. 2014. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, R. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Alfabeta

Rambe, M. S., & Yarni, N. 2019. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296

Sudjana, N. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats