Pengaruh Penggunaan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita (studi pada siswa kelas III Di UPT SPF SD negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Rukayah Rukayah(1*), Muhammad Amin(2), Evi Andani(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48361

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian post-test only control group design. Tujuan penelitian ini untuk:1). Mendeskripsikan pengaruh penerapan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas III UPT SPF SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III UPT SPF SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone yang terdiri dari kelas IIIA dan IIIB berjumlah 40 siswa yang dipilih berdasarkan teknik sampling jenuh. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes untuk mengetahui kemampuan bercerita siswa dan lembar observasi untuk mengetahui gambaran penerapan media gambar seri. Analsis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 67,52 sedangkan niali rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen adalah 71,58. Berdasarkan hasil analisis inferensial niai signifikansi data post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 0,000 yang artinya (0,000<0,05) yang berarti ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media gambar seri terhadap kemampuan bercerita siswa kelas III UPT SPF SD Negeri 13 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.


Kata kunci: Media Gambar Seri dan Kemampuan Bercerita.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Karina, Fasya Haifa.,dkk 2020. “Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Penerapan Media Gambar Seri di Kelas Rendah”. Journal of Elementary Education, 4(1), 14-22

Kustandi, Cecep. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Magdalena, Ina. 2021.” Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di SD Negeri 09 Kamal Pagi”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 3(2), Susanti, Dewi. 2017. Pengaruh Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Bercerita Siswa Kelas 1 SDN Batangan 02 Bangkalan Tahun 2016/1017.. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Masters Thesis

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantittaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tumpu, Abu Bakar. 2021. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Penggunaan Media Gambar Seri pada Siswa Kelas III SD Inpres Pallangga Kabupaten Gowa”. Journal of Education, Psychology and Counselingt. 3(2), 100-111

Tarigan, H. G. 2014. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2003. 18(1): 22-27

Wibowo, Dwi Cahyadi. 2020. “Penggunaan Media Gmabar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karanan Narasi”. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(1), 51-75

Yusuf, Munir. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo

As’ad,. 2000. Psikologi Industri. Ed 4, Yogyakarta: Liberty


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats