ANALISIS PENERAPAN NILAINILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN OLAHRAGA TRADISIONAL GALANG HADANG

Muliadi Muliadi(1*), Firdaus Firdaus(2), Arfiani ArFiani(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48351

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai karakter dalam permainan olahraga tradisional galang hadang pada siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan nilai jujur yaitu sebagian dari siswa telah mengikuti permainan dengan jujur dan keterusterangan siswa pada kesalahan yang telah dilakukan. Disiplin, ditunjukkan dari siswa yang selalu datang tepat waktu di lapangan dan sebagian siswa sudah mematuhi aturan dalam permainan namun dalam penggunaan seragam olahraga, siswa masih sering tidak menggunakan seragam dengan lengkap serta tidak tertib dalam berbaris masih sehingga guru perlu menegur siswa yang melakukan pelanggaran. Kerja sama, ditunjukkan bahwa siswa dapat bekerja sama dengan baik antara anggota tim maupun tim lawan. Bertanggung jawab ditunjukkan dari sikap siswa dalam menyelesaikan permainan dengan baik dan telah menjalankan peran serta tugasnya masing-masing dan berusaha menjadikan timnya untuk menang.

Full Text:

PDF

References


Adnan K, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Berbasis Multikultural Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembeajaran Sekolah Dasar, 2(4), 401-407

Izza, S., Nurizqi, T.L., Nurizqi, & Ayuningrum, R. D. 2018. Permainan Tradisional (Gobak Sodor) dalam Membangun Cinta Tanah Air Pada Anak. Jurnal. h. 80-85.

Jannah, A.L.2019. Permainan Tradisional Sebagai Media Pembentukan Karakter dan Kesetaraan Gender Pada Anak Di Yayasan Untukmu Si Kecil Rumah Belajar dan Bermain Pinggir Kali Bedadung Sumbersari Jember. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Islam Negeri Jember.

Khofifah, Ulfha. 2019. Implementasi Permainan Tradisional dalam Pengembangan Karakter Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maghfiroh, Y. 2020. Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal, 6(1), 1–8.

Muliadi. 2022. Efektivitas Pendekatan Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SD. Makassar. Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Muliadi. 2022. Analisis Strategi Guru Kelas V Dalam Pembelajaran IPA di Era Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembeajaran Sekolah Dasar, 1(3), 390-396

Muliadi. 2021. Penerapan Permainan Olahraga Tradisional Hadang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lari Cepat (Sprint) Siswa Kelas V SD JIKAP PGSD Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(3),553-564

Nugrahastuti dkk. 2016. Nilai-Nilai Karakter Pada Permainan Tradisional. Jurnal. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Perdiman & Kristiawan. 2021. Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional hadang di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 5. No 6. Hal.5342-5351.

Ridwan & Azhim. 2021. Permainan Tradisional Hadang Dan Boi Batu Sebagai Media Pembentukan Karakter Anak. Phinisi Integration Review, Vol 5 (3), Hal. 824-831.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. 2019. Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV.Nata Karya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryawan, A., Sekolah, S., Agama, T., Negeri, H., & Kuturan, M. 2018. Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya Dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Jurnal, 2, 1–10.

Susanti. 2021. Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional Gobak Sodor di MIS Guppi 12 rejang Lebong. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Syuhadi, F., dkk. 2022. Pola Perilaku Guru dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di MTSN Binjai. Jurnal Penelitian, Vol.6 No.2

Tesalonika,C., & Munawar, M. 2016. Kata Kunci:Permainan Tradisional Kucing Tikus, Nilai Karakter. Jurnal, 33–49.

Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats