Penerapan Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas IV SDN 114 Manciri Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone)

Sitti Jauhar(1*), Awaluddin Muin(2), Waode Ummu Kultsum(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48313

Abstract


Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Pendekatan Kualitatif bersifat deskriptif. Setting penelitian adalah SDN 114 Manciri Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 19 siswa, terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi data dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian adaalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan, baik pada akitvitas guru maupun siswa yang dibuktikan dengan nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 68,42% atau kategori Cukup (C) dan mengalami peningkatan nilai ketuntasan belajar pada siklus II yaitu 78,94% atau kategori baik (B). Dapat disimpulkan bahwa model berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS.

Kata kunci : Model Berdiferensiasi, Hasil Belajar IPS.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats