PENGARUH MEDIA PICTURE PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES 6/75 KADING

Abd Hafid(1*), Awaluddin Muin(2), Nur Isma Eka Wahyuni(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48301

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh signifikan menggunakan media Picture Puzzle terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Kading. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Kading berjumlah 42 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling atau sampel jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa data hasil pretest dan posttest kelas eksperimen menunjukkan 0,000 < 0,05 yang terdapat pengaruh sedangkan data pada hasil pretest dan posttest kelas kontrol menunjukkan 0,782 > 0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh. Kesimpulan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Picture Puzzle terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Kading dilihat dari thitung (3,817) > ttabel (1.68385).


Keywords


Media picture puzzle, learning outcomes, students

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Anisah. 2017. Pengaruh Media Puzzle Dikombinasikan Dengan Model Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Sumber Unergi Di Kelas IV MIN 40 Aceh Besar. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Bahar, & Risnawati. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD di Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan, 9(1).

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Hafid,A., Sultan, & Rosmalah. 2019. Efektivitas Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kurikulum 2013 Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Inpres 6/75 Ta' Tanete Riattang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 3(3), 4-5.

Husna, N, Sari, S, A., & Halim, A. Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 66-71.

Musfiqon, & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Muin, A., Amin, M., & Azhari, A,S.2023. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Global Basic Education. 1(4).

Muin, Firdaus, & Hajar S. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 2(4), 5-6

Maulida, A., & Zulfitria. 2018. Pengembangan kecerdasan Interpresional Anak Autis Melalui Pemanfaatan Media Puzzle Pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 1(2), 120-130.

Niska, B. (2013). Penggunaan Media Poster untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(1), 1-12.

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. 2019. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(01), 1-6.

Rukayah, Hafid, A., & Jauhar, S. 2020. Perbandingan Penerapan Media Audio Visual dan Media Lingkungan dalam Menulis Puisi Kelas V SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 4(3), 2-3.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2019. Teori Belajar & Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Pranadamedia Group.

Tarigan, H. G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats