PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR : STUDI SISWA KELAS V SD INPRES 6/75 KADING KECAMATAN BAREBBO KABUPATEN BONE

Awaluddin Muin(1*), Muhammad Idris Djafar(2), ANDI ST Hajar INTANG(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i4.48234

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain non equivalent control group design untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan dengan instrument tes. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan 54,52% dengan kategori kurang dan pada kelas kontrol 51,57% dengan kategori kurang. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen setelah diberi perlakuan 67,38% dengan kategori baik dan pada kelas kontrol 54,50 % dengan kategori kurang. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung 2.148 > 1.68488. pada taraf signifikansi 24% pada kelas eksperimen dan pada kelas control sebesar 5%. Dengan demikian H₀ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media interaktif berbasis canva terhadap hasil belajar SBdP siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading berpengaruh.

Kata kunci:

Hasil Belajar, SBdP, Media Pembelajaran Interaktif, Canva


Keywords


Hasil Belajar; SBdP; Media Pembelajaran Interaktif; Canva

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, D. 2020. Pengaruh media video interaktif terhadap hasil belajar kognitif kelas IV SD Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. Jurnal Eduproxima, 2(1),1-9.

Igirisa, F. J., Abdillah, T., & Tuloli, M. S. 2021. Pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar desain grafis. Jurnal Of Information Technology Education, 1(2),1-10.

Kemendikbud. 2022. Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022 tentang standar penilaian pendidikan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Jakarta.

Kemendikbud. 2005. Permendikbud nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Jakarta

Muin, A. 2017. Keterampilan berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran seni budaya di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 20(2), 133-135

Putri, D. N. S., Islamiah, F., Andini, T., & Marini, A. 2022. Analisis pengaruh pembelajaran menggunakan media interaktif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora,2(2),365-276.

Suryani, R. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Di Man 1 Meulaboh Aceh Barat. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Sari, S. Y. P. M., Sila, I. N., & Suartini, L. 2022. Pembelajaran seni budaya dan prakarya di kelas IV SDN 2 Lendang Nangka Utara. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha,12(2),129-141.

Setyaningsih, S., Rusijono, & Wahyudi, A. 2020. Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi kerajaan hindu budha di indonesia. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2),144-156.

Tafonao, T. 2018. Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2),103-114.


Article Metrics

Abstract view : 32 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats