PERSEPSI GURU TERHADAP PEMBERIAN SANKSI DALAM PEMBELAJARAN DI SD

Makmur Nurdin(1*), Awaluddin Muin(2), Suci Karisma Said(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48198

Abstract


Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran persepsi guru terhadap pemberian sanksi dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas SDN 216 Talungeng yang berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Teknik analisis data adalah data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi guru terhadap pemberian sanksi dalam pembelajaran di SDN 216 Talungeng Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone mengenai sanksi fisik, penahanan di kelas, sanksi denda, skorsing, teguran, dan sanksi kontrak/janji. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian guru telah menerapkan sanksi-sanksi yang dianggap mendidik dan dapat memberikan perubahan kepada siswa yang melanggar pada saat pembelajaran, selain itu masih terdapat faktor penghambat dari penerapan sanksi-sanksi yang diberikan guru kepada siswa yang melakukan pelanggaran dalam pembelajaran.

Keywords


Persepsi; Guru; Sanksi dalam Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Farid. 2017. Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Hadinata, A B. 2013. “Penerapan Sanksi Berjenjang untuk Meningkatkan Disiplin dan Tanggung Jawab Belajar Siswa di MTs. Al-Mushlihin Kota Binjai.” http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1509%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/1509/1.

Hafni, Rizky Amalia. 2019. Persepsi Guru Pai Tentang Punishment dan Penerapannya dalam Pembelajaran Di SMP IT Al-Ikhwan Tanjung Morawa Deli Serdang.

Jurais Muhammad. 2018. “Pemberian Saksi Terhadap Ketidakdisplinan Beljar Kelas V Se Kecamatan Tempel.” jurnal Bimbingan dan Konseling 2(2): 202–16.

Muin, Awaluddin. 2017. Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif.” Jppi 20(2007): 133–35.

Purwanto, Ngalim M. 2021. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats