PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MEDIA POWTOON TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V

Abd Hafid(1*), Firdaus Firdaus(2), Ummu Kalsum(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48195

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SPF SD 210 Bontominasa sebanyak 35 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskripstif diperoleh rata-rata Pre-nontest 51,40 dan rata-rata Post-nontest 80.23. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,151 dan 0,200 > 0,05 yang berarti data Pre-nontest dan Post-nontest berdistribusi normal. Hasil uji Levene Statistic menunjukkan bahwa nilai Sig 0,610 dan 0,066 > 0,05 yang berarti data pretest dan posttest homogen. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05, dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan media powtoon di kelas V UPT SPF SD 210 Bontominasa.


Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Powtoon, Motivasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Aiman, U., & Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R. 2020. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1 (1), 1–5.

Andeka, W., Darniyanti, Y., & Saputra, A. 2021. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. Consilium: Education and Counseling Journal, 1 (2), 193.

Andriani, R., & Rasto, R. 2019. Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80–86.

Anggita, Z. 2020. Penggunaan Powtoon sebagai Solusi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7 (2), 44–52.

Arianti. (2018). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 12 (2), 117–134.

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. 2018. Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12 (1), 122.

Asyafah, A. 2019. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6 (1), 19–32.

Anisaunnafia'ah, R. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Grojogan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (6), 1-8.

Awaluddin Muin, dkk. 2023. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.

Azwar, S. 2021. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Deliviana, E. 2017. Aplikasi Powtoon sebagai Media Pembelajaran : Manfaat dan Problematikanya. Journal of Chemical Information and Modeling, 12 (3) 1-6.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 172–182.

Erlisnawati, & Marhadi, H. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 169 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 4 (6), 87–97.

Fitriyani, N. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. 6 (1), 104–114.

Muh Idris Jafar, dkk. 2023. Hubungan Pemberian Ice Breaning dengan Minat Belajar pada Siswa Kelas Tinggi


Article Metrics

Abstract view : 111 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats