PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (STUDI SISWA KELAS V SD INPRES 5/81 TIBOJONG KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE)
(1) UNM
(2) UNMi
(3) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48184
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 5/81 Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran IPA dimana pada siklus I presentase ketuntasan siswa 65% dimana siswa belum mencapai indikator, maka peneliti melanjutkan ke siklus II dimana pada siklus ini siswa mendapat presentase ketuntasan 85% dan sudah mencapai indikator dengan demikian penelitian dianggap berhasil. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Inpres 5/81 Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.
Keywords
References
Arikunto, Suharsimi. 2015, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Dewi Indah. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaran Ipa Sdn 66 Kota Bengkulu. In Skripsi Insitut Agama Islam IAIN Bengkulu (Vol. 8, Issue 5)
Ihsana 2017.Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Jurnal Pengabdian kepada MasyarakatJurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 51-63.
Kartika Sari, R., Elva, N., & Sumiati, C. (2021). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar SDN 10 Koto Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3600–3605
Panjaitan, S. 2017. Meningkatkan hasil belajar IPA melalui media gambar pada siswa kelas IIA SDN 78 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Vol 6(1), 252-266.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang
Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru
dan Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Prastowo, E. D. (2018). Implementation Of Discovery Learning Model In Sciences learning Atmin 1 Bantul And SD IT Baik Bantul. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (1), 19-33 (hanifah)
Sarwanto. 2014. Karakteristik Pembelajaran IPA. Jakarta: Kencana Media.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatuf, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Winaputra. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Depdiknas
Article Metrics
Abstract view : 136 times | PDF view : 16 times Untitled view : 0 times PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197