Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Powtoon Pada Siswa Kelas V SD Inpres 6/75 Kading Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone

Awaluddin Muin(1*), Abd. Kadir A(2), Fadhila Mauliyah(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.48076

Abstract


Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran penggunaan media audiovisual berbasis powtoon dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SD Inpres 6/75 Kading pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 21 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah mereduksi data, mendeskripsikan data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil tes belajar  pada kualifikasi baik (B). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Audiovisual berbasis Powtoon dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres 6/75 Kading.

Keywords


Media Audiovisual Powtoon, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Guided Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi Universitas Negeri Makassar.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Ryan, Cooper, & Tauer. 2013. Penggunaan Media Audiovisual dalam Peningkatan Hasil Belajar. PIONIR: Jurnal Pendidikan, V(7)12–26.

Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–322.

Sanjaya, W. 2016. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Tampubolon, S. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga

Thesarah, R. H., Subagiyo, L., & Qadar, R. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Audio-Visual dengan Aplikasi Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Impuls dan Momentum di SMK Negeri 6 Samarinda. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(1), 31.

Tim Penyusun. 2020. Panduan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. 2019. Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI / SD. CV.Medan: Widya Puspita

Yulia, D., & Ervinalisa, N. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24.


Article Metrics

Abstract view : 118 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats