Gerakan Literasi dalam Menghadapi Ketrampilan Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar

Nur Hidayah(1*), Dini Rahmawati(2),

(1) 
(2) UPGRIS
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.48069

Abstract


Dalam rangka meningkatkan minat baca peserta didik khususnya di sekolah dasar, salah satunya adalah dnegan gerakan literasi. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan gerakan literasi sekolah. Faktor pendukung, peran aktif warga sekolah, pengawasan yang diberikan guru, perbaikan lingkungan literasi. Gerakan literasi sekolah perlu ditingkatkan dalam menghadapi ketrampilan pembelajaran abad 21. Keterampilan pembelajaran abad ke-21 dapat menumbuhkan dan meningkatkan kerjasama dalam suatu kelompok untuk menyelesaikan masalah tertentu, meningkatkan rasa toleransinya terhadap perbedaan pendapat teman, berusaha untuk berpikir kritis dan kreatif untuk memecahkan permasalahan tentang mengkaitkan sesuatu. Sekolah harus menyelenggarakan garakan literasi untuk meningkatkan minat baca. Gerakan literasi sebagai usaha untuk mendorong peserta didik dalam membaca dan menulis guna menghadapi pengetahuan yang baru. Gerakan literasi di sekolah perlu mendapat dukungan dan perhatian khusus dari semua pihak, karena gerakan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan lingkungan.

Keywords


literasi; ketrampilan pembelajaran abad 21.

Full Text:

PDF

References


Mas Roro Diah Wahyu Lestari. 2019. Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Dharma Karya. PGSD, FIP, Universitas Muhammadiyah Ja-karta: Volume III No. 2 November 2019. Diakses melalui

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5364/3586

Ebook Gerakan Literasi Sekolah Ke-mendikbud. 2018. Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: ISBN: 978-602-1389-15-7. Diakses me-lalui https://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2020-06-27_Book%20Pratiwi%20R%203.pdf

Muhammad Fajri. 2018. Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. SDN Pondok Petir 01, Bo-jongsari, Kota Depok. VOL III NO. 2, Juni 2017 LEMMA Submitted: 10-05-2017, Reviewed: 03-06-2017, Accepted: 28-08-2017 diakses melalui https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/1884

Nurul Ilmi. 2021. Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta didik Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan In-donesia, Indonesia: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 5 Tahun 2021 Halm 2866 – 2873 di-akses melalui https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/990/pdf

Slamet Widodo. 2020. Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Com-munication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) Di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI Volume 7, Nomor 2, September 2020; p-ISSN: 2442-3661; e-ISSN: 2477-667X, 185-197 diakses melalui https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/665/537

Sunu Hastuti. 2018. Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi di SD Sukorejo Kediri. Universitas Muhammadiyah Kupang: Vol. 1, No. 2, Desember 2018 diakses melalui https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/34/18

Febrina Dafit1. 2020. Pelaksanaan Pro-gram Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. PGSD, Universitas Islam Riau, Indonesia: Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Halaman 1429 – 1437 diakses melalui https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/585/pdf

Resti Septikasari. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Dosen PGMI STKIP Nurul Huda OKU, Sumatera Selatan. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VIII Edisi 02 2018, hlm 112-122 diakses melalui laman https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/1597/1196

Eruin Endaryanta. 2017. Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Fakultas Ilmu Pendidikan Univer-sitas Negeri Yogyakarta: Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 7 Vol.VI Tahun 2017 diakses melalui https://journal.student.uny.ac.id/index.php/sakp/article/viewFile/10297/9858

Lisa Nopilda. 2018. Gerakan Literasi Sekolahberbasis Pembelajaran Multiliterasi sebuah paradigma Pendidikan Abad Ke-2. Universitas PGRI Palembang. Volume 3, No. 2, Juli-Desember 2018. Diakses me-lalui https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1862/1660


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats