PENERAPAN METODE STORY TELLING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA (STUDI SISWA KELAS V SD INPES 12/79 LEA KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE)
(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47992
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan untuk mendesripsikan penerapan metode story telling untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Inpres 12/79 Lea Kecamatan Tellu Siatingge Kabupaten Bone. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 14 siswa dan guru wali kelas V. Setting penelitian ini bertempat di SD Inpres 12/79 Lea, jalan poros Wajo-Bone kecamatan Tellu Siattinge kabupaten Bone. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada siklus I sebanyak 64,28% atau 9 siswa memperoleh nilai rata-rata 70,71 berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 87,57% atau 11 siswa dengan nilai rata-rata 77,50 berapa pada kategori baik (B). Kesimpulkan penelitian ini adalah metode Story Telling dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 12/79 Lea Kecamatan Tellu Siatingge Kabupaten Bone
Full Text:
PDFReferences
Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
Depdiknas. 2006. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional.
Haifa, U. A. 2019. Pengaruh Penerapan Metode Story Telling Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Inpres Pullauweng Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Mariana, S., & Zubaidah, E. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul. Jurnal Prima Edukasia, 3(2)
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, Aprianti Yofita. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: Indeks
Salimpada, R. M. 2019. Penerapan Metode Story Telling untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD GMIH L.O.C Kabupaten Pulau Morotai. Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli, 3(7).
Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencana.
Susanto, A. 2019. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Pramedia Group
Article Metrics
Abstract view : 126 times | PDF view : 18 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197