Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V

Firdaus Firdaus(1*), Adnan K Adnan K(2), Ainul Fajrin(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47882

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V UPT SPF SDN 182 Dannuang dengan sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pretest 39,38 dan posttest 82,25. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 94,43 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 94,00. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan data homogen. Uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis tutor sebaya efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V UPT SPF SDN 182 Dannuang.

 


Keywords


Model Pembelajaran Kooperatif; Tutor Sebaya; Hasil Belajar Matematika; Siswa Kelas V

Full Text:

PDF

References


Abbas, I. 2020. Peran Metode Pembelajaran Course Review Horay ( Crh ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Al-Azkiya, 5(1), 76–83.

Ahmad. 2014. Mengembangkan pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ansar, M. 2019. Efektivitas Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 9 Ta' Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. 2018. Evaluasi Program Pendidikan: pedoman teoritis praktis bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Basirun, B., & Tarto, T. 2022. Efektifitas Model Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 236–245.

Buaton, R. A., Sitepu, A., & Tanjung, D. S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4066–4074.

Fakhrurrazi, F. 2018. Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99.

Firdaus. 2016. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Sainstmat, V(1), 94-105

Haidir, S. 2019. Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Jakarta: Kencana.

Harianto,& Suyono. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Hasanah, U. 2020. Pengaruh pendekatan STS terhadap keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XII MIPA di SMAN 4 pamekasan. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah. 10(1), 1-8

Islamiyah. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Murid Kelas V SDN No. 39 Centre Palleko Kec. Palleko Kabupaten Takalar. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. 2020. Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19

Khoirunisyah, S. 2016. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Di SDN Gugus Melati Kota Semarang. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2018. Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: Refika Aditama.

Majid, A. 2017. Penelitian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan. Padang: Akademia Permata.

Nasution. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas IV SD Negeri 101887 Bangun Sari Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. 2016. Pentingnya Pembelajaran Kooperatif Dalam Aktivitas Belajar Pada Siswa. 1–5

Nurmalasari. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Koloid di Man Indrapuri. Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Nurdin, H. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Berbantukan Media Gambar Pada Siswa Kelas V di SDN Inpres Bobolon. Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol 5, No 9

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Pranata, E. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34.

Rita, M. A., & K.Y.Margiati. (2018). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Tipe Jigsaw di Sekolah Dasar. 7(3), 1–12.

Rohmawati, A. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Shoimin, A. 2014. Inovatif dalam kurikulum 2013. Semarang: Ar-Ruzz Media.

Siska, Y. 2016. Konsep Dasar IPS untuk SD/MI. Yogyakatrta: Garudhawaca.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, I., & Mawardi, M. 2020. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 558–564.

Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.

Susanto, A. 2014. Pengembangan pembelajaran IPS di SD. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun. 2020. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri Makassar.

Uno, & Mohammad. 2015. Efektivitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Uno, H. B., & Mohamad, N. 2022. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara

Widyanto, P. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flanelgraf Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 3(No. 1), 118–129


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats