Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD

Abd Kadir(1*), Muhammad Amin(2), Andi Tenri Pakkua Akil(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47881

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar Pkn siswa rendah dan ingin menemukan alternatif pemecahan masalahnya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen desain penelitian pre-experimental design yang bertujuan untuk : 1) mengetahui gambaran hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran quantum learning, 2) mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran quantum learning terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone sebanyak 25 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil dari anggota populasi. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar Pkn berupa Pretest dan Posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 47,40 berada pada kategori sangat kurang sedangkan rata-rata hasil posttest 78,20 berada pada kategori sangat baik. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai thitung (12,184) lebih besar (>) dari ttabel(2,06390) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum learning berpengaruh terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Inpres 5/81 Passippo Kecamatan Palakka Kabupaten Bone.

Keywords


Model Pembelajaran quantum learning, hasil belajar, siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Chaidir. 2021. Peningkatan Prestasi Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas I SD Negeri Geulumpang Minyeuk. SINTESA: Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan 2(2): 54–64.

Diana Putri Simanjuntak, Novalina Sembiring, and Patri Janson Silaban Antonius Remigius. 2020. Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 060970. Jurnal Educatio FKIP UNMA 6(2): 413-418.

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Madiong, B. 2018. Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.

Rusmiati. 2019. Pengaruh Penggunaan Model Quantum Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Materi Menghargai Nilai Juang Para Perumus Pancasila Siswa Kelas VI Di Gugus VI Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6(1): 190-203.

Setiawan, D. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 6(2): 61–72.

Supramono, Agus. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum (Quantum Teaching) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD YPS Lawewu Kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur. Nalar Pendidikan, 4(2), 78-86.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats