Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Prestasi belajar IPS Siswa Kelas V SDN 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba
(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47826
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 281 Sumalaya Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Populasi penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas V SDN 281 Sumalaya dan besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ini adalah pengumpulan data dan dokumentasi sebagai alat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Rata-rata lingkaran sosial siswa adalah 72,27 dan berada pada rentang yang baik. Rata-rata hasil belajar IPS siswa sebesar 77,53 dan berada pada kategori “baik”. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial siswa kelas V dengan hasil belajar IPS, dengan koefisien 0,555 terhadap rata-rata nilai siswa. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima
Kata Kunci : Lingkungan Sosial, Prestasi Belajar IPS, Siswa
Full Text:
PDFReferences
Atikah, R. 2018. EcoGen Belajar Ekonomi Siswa SMAN Kecamatan Kota Tangah Kota Padang Rizka Atikah Universitas Negeri Padang Air Tawar Padang EcoGen. 1, 218–225.Jurnal
Azra, F. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Economica, 2(2), 85–98. Jurnal
Edison. A. 2023 Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lingkungan Handayani, Leneng Praya, Lombok Tengah,
Fitri A. Jafar M., & Sudirman 2021 Phinisi Integration Review Hubungan interaksi sosial siswa di sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV.JPPSD. Jaurnal
Framanta, G. M. 2020. Research & Learning in Primary Education Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kepribadian. Jurnal
Hanifah. U, joharman. Suhortono, 2020. Hubungan antara Lingkungan Keluarga dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2019/2020. 8(1).jurnal
Inrrianto. N 2020 Pendidikan Agama Islam Interdesipliner Untuk Perguruan Tinggi Sardonoharjo,Ngaglik, Slaman Yogyakarta
Jauhar,S. 2022. Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa (A.W. & Amran (ed),):Cetakan 1).Dewa Publishing.
Markhama 2020 Pengololaan Lingkungan sosial. Jakarta : Rineka Cipta
Mujahiduddin, N. M. 2019. Phinisi Integration Review Hubungan Lingkungan Sosial Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang. JPPSD. Jaurnal Endidikan dasar sekolah dasar 2(2).
Raras Gistha Rosardi, dan Supardi.,2021 Perencanaan Pembelajaran IPS: Jakarta
Riyani, Y., Akuntansi, J., Negeri, P., Ahmad, J., & Pontianak, Y. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa. 8, 19–25.
Samudra, U., Mustika, F., & Sahudra, T. M. 2018. JUPIIS : Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan. Jurnal
Slameto 2010 Belajar dan faktor yang mempengaruhi rencana pembelajaran. Jakarta.
Supeni,S.,2020 Presfektif Global Pada Sekolah Dasar, Sumpah pemudah No.18 joglo banjarsari, surakarta
Sugiyono,2019.Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif,R$D. Alfabeta. Bandung
Syukurman 2020 Sosiologi pendidikan Memahami Pendidikan Dari Aspek Multikulturalisme. Jakarta 13220
Tetti Manullang1*), M. S. 2022. Determinan hasil belajar anak: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. 9, 92–101.
Tim Penyusun, 2020. Pedoman Penulisan tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri makassar.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Armas Duta Jaya.
Wahid,F. Dan Setiyoko, S. B. R.. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belaja Siswa. 5(8), 555–564.
Winkel WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Wianto,P 2021 Studi Fenomenologi perilku sosial siswa terhadap program pendidikan gratis. bukit Cemara Tidar H5 No.34, Malang
Wiyono. H 2020 Pendidikan IP. Puncangmilirang, Tulung, KLaten, Jawa Tengah
Article Metrics
Abstract view : 103 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197