Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Prestasi belajar IPS Siswa Kelas V SDN 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba

Siiti Jauhar(1*), Asriadi Asriadi(2), Syam Siar(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47826

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sosial dengan hasil belajar IPS siswa kelas V di SDN 281 Sumalaya Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Populasi penelitian ini hanya terdiri dari siswa kelas V SDN 281 Sumalaya dan besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ini adalah pengumpulan data dan dokumentasi sebagai alat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Rata-rata lingkaran sosial siswa adalah 72,27 dan berada pada rentang yang baik. Rata-rata hasil belajar IPS siswa sebesar 77,53 dan berada pada kategori “baik”. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sosial siswa kelas V dengan hasil belajar IPS, dengan koefisien 0,555 terhadap rata-rata nilai siswa. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima

Kata Kunci  : Lingkungan Sosial, Prestasi Belajar IPS, Siswa


Full Text:

PDF

References


Atikah, R. 2018. EcoGen Belajar Ekonomi Siswa SMAN Kecamatan Kota Tangah Kota Padang Rizka Atikah Universitas Negeri Padang Air Tawar Padang EcoGen. 1, 218–225.Jurnal

Azra, F. 2015. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Solok Selatan. Economica, 2(2), 85–98. Jurnal

Edison. A. 2023 Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi Belajar. Lingkungan Handayani, Leneng Praya, Lombok Tengah,

Fitri A. Jafar M., & Sudirman 2021 Phinisi Integration Review Hubungan interaksi sosial siswa di sekolah dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV.JPPSD. Jaurnal

Framanta, G. M. 2020. Research & Learning in Primary Education Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kepribadian. Jurnal

Hanifah. U, joharman. Suhortono, 2020. Hubungan antara Lingkungan Keluarga dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2019/2020. 8(1).jurnal

Inrrianto. N 2020 Pendidikan Agama Islam Interdesipliner Untuk Perguruan Tinggi Sardonoharjo,Ngaglik, Slaman Yogyakarta

Jauhar,S. 2022. Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa (A.W. & Amran (ed),):Cetakan 1).Dewa Publishing.

Markhama 2020 Pengololaan Lingkungan sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Mujahiduddin, N. M. 2019. Phinisi Integration Review Hubungan Lingkungan Sosial Sekolah dan Tingkat Pendidikan Orang. JPPSD. Jaurnal Endidikan dasar sekolah dasar 2(2).

Raras Gistha Rosardi, dan Supardi.,2021 Perencanaan Pembelajaran IPS: Jakarta

Riyani, Y., Akuntansi, J., Negeri, P., Ahmad, J., & Pontianak, Y. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar siswa. 8, 19–25.

Samudra, U., Mustika, F., & Sahudra, T. M. 2018. JUPIIS : Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Peranan Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan. Jurnal

Slameto 2010 Belajar dan faktor yang mempengaruhi rencana pembelajaran. Jakarta.

Supeni,S.,2020 Presfektif Global Pada Sekolah Dasar, Sumpah pemudah No.18 joglo banjarsari, surakarta

Sugiyono,2019.Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif,R$D. Alfabeta. Bandung

Syukurman 2020 Sosiologi pendidikan Memahami Pendidikan Dari Aspek Multikulturalisme. Jakarta 13220

Tetti Manullang1*), M. S. 2022. Determinan hasil belajar anak: lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat. 9, 92–101.

Tim Penyusun, 2020. Pedoman Penulisan tugas Akhir Mahasiswa. Universitas Negeri makassar.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Armas Duta Jaya.

Wahid,F. Dan Setiyoko, S. B. R.. 2020. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belaja Siswa. 5(8), 555–564.

Winkel WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Wianto,P 2021 Studi Fenomenologi perilku sosial siswa terhadap program pendidikan gratis. bukit Cemara Tidar H5 No.34, Malang

Wiyono. H 2020 Pendidikan IP. Puncangmilirang, Tulung, KLaten, Jawa Tengah


Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats