Analisis Gambaran Lingkungan Kelas dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Satriani, DH Satriani, DH(1), Muhammad Amran(2*), A. Batari Lili(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.47669

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada hubungan keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa (studi pada siswa kelas tinggi SD Negeri 28 Malaka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng). Jumlah sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 60 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket dan lembar pernyataan angket sebagai instrument penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Keterampilan guru mengelola kelas dengan rata-rata 83,55 terdapat pada kategori sangat baik dan motivasi belajar siswa dengan rata-rata 83,05 terdapat pada kategori sangat baik. Hasil analisis statistic inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 28 Malaka Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Afandi. 2020. “Dampak Keterampilan Dosen Dalam Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 5(1): 18.

ARIANTI, ARIANTI. 2019. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2): 117–34.

Bariyah, Atik, Miftahul Jannah, and Hikmatu Ruwaida. 2023. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(1): 572–82.

Lestari, Indri. 2016. “112 Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun Ke-5 2016.” Jurnal pendidikan Guru Sekolah Dasar: 112–20.

Masni, Harbeng. 2015. “Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.” Dikdaya 5(1): 34–45.

Maulidah, Idhah. 2017. 87 UINJKT-IR Hubungan Keterampilan Guru Mengelola Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMK Citra Nusantara Panongan Kabupaten Tangerang.

Rizki, Miftahur, and Iska Noviardilla. 2021. “Kajian Literatur Tentang Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.” 5: 267–71.

Salim, H, H. 2019. Penelitian Pendidikan : Metode, Pendekatan Dan Jeni. ed. Satriya Ihsan Azhar. Jakarta: Kencana.

Sitorus, Wenny Irawaty, and Janah Sojanah. 2018. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2): 93.

Yusuf, A. Muri. 2014. METODE PENELITIAN : KUANTITATIF, KUALITAIF DAN PENELITIAN GABUNGAN. Pertama. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats