Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Studi Pada Kelas IV SD

Muhammad Idris Djafar(1), Muhammad Amran(2*), Fira Antika Sari(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47668

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pemberian ice breaking terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri No 96 Mannanti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebelum diberikan perlakuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 50,50 (kurang) dan kelas kontrol sebesar 50,45 (kurang), sedangkan setelah diberikan perlakuan diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,90 (sangat baik) dan kelas kontrol sebesar 66,80 (baik). Kesimpulan penelitian adalah Terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.


Full Text:

PDF

References


Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. 2021. “Pelatihan Penyusunan Ice Breaking Untuk Penguatan Kompetensi Calon Guru.” ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85–93.

Jafar, Muh Idris, Mujahidah Mujahidah, and Riska Tamrin. 2022. “Hubungan Pemberian Ice Breaking Dengan Minat Belajar Pada Siswa Kelas Tinggi.” JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar 2(4): 327.

Marzatifa, Leta, Inayatillah, and Maya Agustina. 2021. “Ice Breaking: Implementasi, Manfaat Dan Kendalanya Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 162-171.

Muhammad, Maryam. 2017. “Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal 4(2): 87.

Pujiarti, Titi. 2022. “Pengaruh Penggunaan Teknik Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 3(1): 30–35.

Susanah, Riya. Dan Dedy Hidayatullah Alarifin. 2013. “Penerapan Permainan Penyegar (Ice Breaking) Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Fisika: 42–50.

Zakiyyah, Dwi, Meidawati Suswandari, and Nur Khayati. 2022. “Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sugihan 03.” Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa) 2(1): 73–85.


Article Metrics

Abstract view : 726 times | PDF view : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats