Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas V SDN 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Firdaus Firdaus(1), Makmur Nurdin(2), muhammad takdir(3*),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47662

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan dan faktor penghambat literasi matematis siswa kelas V SDN 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan literasi matematis siswa yang tergolong dalam kemampuan tinggi, tes sebanyak 20 siswa, 9 yang termasuk dalam kategori kemampuan sedang dan sebanyak 6 siswa termasuk dalam kategori kemampuan rendah. Analisis kemampuan literasi matematis siswa berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan soal sesuai dengan indikator, yaitu siswa menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah, menganalisis soal dengan baik dan menafsirkan hasil analisis untuk penyelesaian soal. Siswa yang berkemampuan sedang mampu menyelesaikan soal sesuai indikator namun masih ragu memasukkan angka ke dalam rumus. Faktor penghambat kemampuan literasi matematis siswa yang termasuk kategori rendah yaitu siswa tidak mengetahui rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut sesuai dengan indikator, siswa kebingungan dalam mengisi rumus sesuai dengan soal yang sudah diketahui. Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan literasi matematis siswa kelas V SDN 14 Biru termasuk dalam kategori tinggi.


Keywords


Ability, Mathematical Literacy, Mathematics.

Full Text:

PDF

References


Ahyar. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Group.

Andes et al. 2017. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Baharuddin. 2020. Profil Kemampuan literasi matematis mahasiswa PGSD. Journal of Primary Education, 3(2), 1-9

Fiangga. 2019. Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabipaten Ponogoro. Jurnal Anugerah, 1(1), 9-18

Firdaus. 2023. Berpikir Kritis & Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Watampone: CV. Syahadah Creative Media (SCM).

Firdaus, Kailani, I., Bakar, M.N. Bin, & Bahry. 2015. Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning. Journal of Education and Learning, 9(3).

Hadi. 2021. Analisis kemampuan literasi numerasi dan self-efficacy siswa madrasah dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310.

Han, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harahap. 2017. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel. Jurnal Edumatica, 44-54.

Jumarniati. 2018. Pola interaksi belajar matematika siswa berkemampuan awal rendah dalam pembelajaran berbasis proyek. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Katranci. 2019. The relationship between mathematical literacy and visual math literacy self-ffficacy perceptions of middle school students. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi 9(4): 1113–38.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta.

Khoiruddin. 2017. Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PIA. Jurnal Aksioma 8, No.2 (256)

Kurniasih. 2021. Kupas Tuntas Asesmen Nasional (AKM). Jakarta: Kata Pena

Ratri. 2020. Analisis literasi matematis terhadap kemampuan menyelesaikan soal berorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika.

Rissa. 2022. Analisis kemampuan literasi matematika pada siswa kelas 5 sekilah dasar. Fordetak : Seminar Nasional Pendidikan dan Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0.

Mahdiansyah & Rahmawati. 2014. Literasi membaca jenjang pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Marzuki. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 8(3): 493–502.

Mirna Wati. 2019. Analisis kemampuan literasi matematika pada siswa

kelas VIII SMP negeri 6 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 1(5): 97–106.

NCTM. 2014. Curriculum and Evaluation Standars For School Mathematic. Reston: VA: NCTM.

Nur Aini. 2021. Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa Indonesia berdasarkan analisis data PISA. Jurnal Pusat Penelitian Kebijakan 2 (3): 1–10.

Nora. 2021. Analisis kemampuan literasi matematis siswa dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu 3 (1).

OECD. 2019. Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris : OECD Publisher.

Oktyaninoor. 2021. Analisis penanganan kemampuan membaca terhadap siswa kelas tinggi teknologi Kedirgantaraan. Skripsi. Yogyakarta.

Padmadewi dan Artini. 2018. Literasi Di Sekolah. Badug Bali: Nilacakra Publishing House.

Pitria. 2022. Analisis kemampuan numerasi peserta didik kelas V dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah di SDN Sumokali Candi. Jurnal Pendidikan 5 (2).

Puspitasari. 2020. Analisis sistem informasi akademik siswa SD. Skripsi. Universitas Bina Darma. Palembang.

Robby Julius Ginting. 2019. Analisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SD Internasional.


Article Metrics

Abstract view : 226 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats