Hubungan Minat Baca Dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas V SD Gugus II Kecamatan Kahu

Rukayah Rukayah(1*), Rosmalah Rosmalah(2), A. Erna Lorensa(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.47651

Abstract


Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara minat baca dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kahu Kabupaten Bone yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh  Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket dan tes.  Berdasarkan hasil statistik deskriptif hasil penelitian minat baca memperoleh rata-rata sebesar 85,38 dengan persentase 65%  berkategori sedang dan keterampilan menulis cerpen siswa memiliki rata-rata 68,88 dengan persentase 70% berkategori sedang Korelasi antara minat baca dengan keterampilan menulis cerpen menunjukkan rhitung > rtabel (0,610 > 0,312) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Kahu Kabupaten Bone yang berkategori baik dengan koefisien korelasi 0,610.


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Susi. 2021. Model Pembelajaran Think Talk Write dan Menulis Karangan Narasi pada Era Disrupsi. Jurnal Inovasi Penelitian 1(8).

Ariani, S.R; Mulyanto Wi. Siti S. 2013. Hubungan Minat Baca dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Kelas X SMAN 4 Bandar Lampung 2012/2013.” Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya): 1–10.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayu, Dewi; dkk. 2018. Hubungan Antara Minat Membaca dengan Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Gugus VII Mengwi Tahun Ajaran 2017/2018.” Journal For Lesson and Learning Studies 1(1): 43–51.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Dalman. 2017. Keterampilan Membaca. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Raja Grafindo Persada.

Hartati, Mesterianti. 2017. Analisis Cerita Pendek Tugas Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Ikip Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi 15(1): 116–27.

Hidayat, Rahmat; Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep ,Teori dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Nuraini, F. dkk. 2021. Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. Jurnal Pusat Penelitian Kebijakan 3(4): 2–6.

Pasaribu, Tri Wulandari. 2016. Hubungan Minat Baca Sastra dengan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Swasta Budsatrya Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Pendidikan 1(2).

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pub L.No 7,1. 2022. Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Pub L No 57,1.

Puspita, A. C. D. D. 2017. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen ( Studi Korelasional Pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta ) Pendahuluan Tinjauan Pustaka.” Jurnal SAP, 1(3): 249–58.

Ramadhani, S,& Arizal J. 2022. Hubungan Minat Membaca Dengan Kemampuan Menulis Cerpen Oleh Siswa Kelas XI SMK Swakarya Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Analisa Pemikiran Insan Cendikia 5(2): 76–88.

Rukayah. 2017. Pengajaran Sastra Menulis Puisi Mengatasi Kesulitan Belajar Anak. Yogyakarta: Deepublish.

Saraswati, R Wini T. 2022. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas 8(3): 870–71.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suratinoyo, Salman. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama Berdasarkan Cerpen Yang Dibaca Melalui Strategi Sastra. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 4(1): 51.

Tarsinih, Eny. 2018. Kajian Terhadap Nilai-Nilai Sosial Dalam Kumpulan Cerpen ‘Rumah Malam Di Mata Ibu’ Karya Alex R. Nainggolan Sebagai Alternatif Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3(2): 70–81.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats