Analisis Kebiasaan Belajar Dalam Berprestasi Siswa Kelas Tinggi SDN 13 Palakka
(1) UNM
(2) UNM
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKSSAR
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i1.47610
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk mengetahui bagaimanakah Kebiasaan belajar siswa berprestasi kelas tinggi SDN 13 Palakka Kecamatan lalabata kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi yang memperoleh prestasi rangking 1, 2 dan 3, Guru wali kelas IV, V dan VI serta Orang tua siswa berprestasi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan observasi, data dianalisis melalui tiga tahap, data reduction, data display, Conslusion Drawing Penarikan/Verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan belajar siswa berprestasi memililiki kebiasaan belajar seperti menyusun rencana dan membuat jadwal belajar, mengikuti pelajaran, mengulangi pelajaran, menghafal, konsentrasi dan disiplin dalam belajar. Hal ini merupakan suatu kebiasaan belajar yang dilakukan oleh siswa berprestasi di sekolah dan di rumah agar tetap mempertahan presrasinya. Kebiasaan belajar tersebut dapat menjadi motivasi bagi siswa yang kurang berprestasi untuk melakukan kebiasaan belajar yang baik agar dapat memperoleh prestasi yang lebih baik lagi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqsha, T., & Jambi, F. U. (2018). PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. 1–11.
Hafid, A., Amran, M., & AFRI, R. N. (2022). Hubungan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Sdn 9 Ta Kabupaten Bone. JPPSD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(4), 390. https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i4.36453
Nurfadila, N., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Di Sd Negeri 013 Muara Jalai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 194–197. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p194-197
Hamdika, F. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Spiritual dengan kepribadian siswa di SMA Nurl Iman. In Photosynthetica (Vol. 2, Issue 1).
Lutfiah, N. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Kesulitan Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 1(2), 186–202. https://doi.org/10.58573/tafahus.v1i2.25
Fitrilia, R. D., Purnamasari, R., & Rustandi, Y. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 75–80. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v13i2.4499
Prasanti, R. D. (2020). CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI PADA MASA PANDEMI COVID 19 (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Temanggung). 19. http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/2168
Yogi, S. (2020). Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi Di Sekolah Dasar Negeri 151/Iv Kota Jambi. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (M. T. Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T. (ed.)). ALFABETA.
Triyanti, T., Sulistri, E., Mertika, & Nurhidayah. (2021). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPS di Kelas V SDN 04 Singkawang. Journal of Elemantary School (JOES), 4(2), 99–105.
Qamah, I., Mus, S., & Irmawati 2023. Pengelolaan penerimaan peserta didik baru di sekolah dasar.Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran,2(2),84-91.
Article Metrics
Abstract view : 352 times | PDF view : 28 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone
Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Office:
Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: jppsdunm@gmail.com HP: 085299249197