PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES 6/75 TA'

Diana Like Septianingtias(1), Makmur Nurdin(2*), abd Hafid(3),

(1) UNM
(2) UNM
(3) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jppsd.v3i2.47025

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Ta’. Subjek dalam Penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Ta’ pada tahun ajawan 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat presentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I hasil penelitian proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar berada pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil penelitian proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Ta’.

 


Keywords


Model Pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Agustinus Hari Hanggara, Imanuel Sairo Awang, Bejo. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 2(April): 80.

Alifia, Muftri. 2021. "Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model NHT." 7:6

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan Kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara

Didi, Suherdi. 2012. Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Indonesia. Bandung: Celtiss Press

Djamarah dan Zain. 2014. Indikator Keberhasilan. Edisi Revisi: Bumi Aksara.

Leudi. 2017. "Efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada Siswa Kelas VI SDN Randuagung 05".

Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2016. “Penelitian Bahasa Dan Sastra Terhadap Hasil Belajar Siswa.” : 1–23.

Monika, Laela. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Cangkuang 02 Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Fkip Unpas

Mulyati, Y., & Cahyani I. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Nabillah, T., & Abadi, A. P. 2020. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa, Prosiding Sesiomadika, 2(1), 659-663

Sari, D. P. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Mathematic Paedagogi.

Simanungkalit, Marihot. 2020. “Penerapan Pembelajaran Aktif Kooperatif Melalui Metode Numbered Head Together (Nht) Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa-Biologi.” Jurnal TIK dalam Pendidikan 7(1).

Yulianti, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Nht) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Vi Sd Negeri Bantarjati 8 Kota Bogor pada Materi Taksiran Keliling dan Luas Lingkaran. Journal of Studies. Arts and Humanities.


Article Metrics

Abstract view : 102 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Program Studi PGSD Kampus VI UNM Bone

Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Jenderal Sudirman Nomor 59 Watampone Kabupaten Bone Prop. Sulawesi Selatan, Indonesia Email: [email protected] HP: 085299249197




Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats